BAZNAS Kota Tangsel Salurkan Bantuan Kemanusiaan Palestina Rp507 Juta Melalui BAZNAS RI

ANP • Monday, 6 Nov 2023 - 15:59 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang Selatan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp507 juta melalui BAZNAZ RI sebagai wujud solidaritas untuk membantu korban kemanusiaan di Palestina.

Penyaluran donasi kemanusiaan untuk Palestina ini diterima langsung oleh Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan S.Ag, MSi, di Aula Achmad Subianto Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Hadir, Deputi I BAZNAS RI M. Arifin Purwakananta, Deputi II BAZNAS RI Dr. Imdadun Rahmat M.Si, Kepala Divisi Penguatan Pengumpulan LAZ Nasional H. Abdul Kahfi, dan Kepala Divisi Penguatan Pendistribusian LAZ Nasional Tatiek Kancaniati.

"Alhamdulillah, saat ini sudah ada 20 BAZNAS daerah yang menyalurkan dananya membantu masyarakat Palestina. Kami memastikan semua dana yang dititipkan ini tidak dipotong sedikit pun," kata Rizaludin.

Rizaludin merinci, BAZNAS akan mengirim bantuan kemanusiaan dalam beberapa tahap untuk membantu masyarakat Palestina. Tahap pertama adalah bantuan pada fase darurat, sementara tahap selanjutnya untuk fase pemulihan dan rekonstruksi.

"Bantuan kemanusiaan ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membangun fasilitas-fasilitas umum, rumah-rumah sehingga bisa ada komplek BAZNAS atau Indonesia untuk tempat tinggal atau fasilitas umum di Gaza. Ini adalah dari dana masyarakat Indonesia," katanya.

Rizaludin mengajak seluruh BAZNAS Provinsi/Kota/Kabupaten terus melanjutkan gerakan kemanusiaan dan solidaritas untuk membantu Palestina.

"Membantu Palestina merupakan tugas tambahan untuk menjadikan zakat sebagai diplomasi kemanusiaan internasional, menjadi alat diplomasi kemanusiaan umat Islam Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kota Tanggerang Selatan, Moh. Subhan, S.Sos.I, menyampaikan, donasi kemanusiaan yang diberikan merupakan wujud solidaritas dari masyarakat Tangerang Selatan untuk membantu Palestina

"Mudah-mudahan bantuan kemanusiaan ini menjadi awal yang baik untuk kita menggali terus semangat masyarakat dalam membantu korban kemanusiaan di Palestina," kata Moh. Subhan.

Dia berharap, bantuan kemanusiaan ini menjadi keberkahan, dorongan, dan doa bagi warga Palestina dalam upaya mempertahankan kehidupannya, kemanusiaanya, serta mempertahankan negaranya.

"Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada di bawah serangan Israel," katanya.

BAZNAS bekerja sama dengan sejumlah mitra, Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan perusahaan dalam menggalang bantuan untuk Palestina. 

Dari mitra retail diantaranya JSIT Indonesia Rp2 miliar, Yayasan Al-Bahjah Cirebon  Rp1,24 miliar, Syafana Islamic School Rp168 juta, Pemerintah Kota Tidore Rp138 juta, Bupolo Muslim United Rp127 juta, Ponpes Attaqwa Putri Bekasi, Rusydatul Ummah, Korikawati Rp100 juta, Badan Wakaf Indonesia Rp100 juta, SD & SMP Generasi Rabbani Rp17 juta, MI Daarusshofa Rp11 juta, Persatuan Orang Tua Siswa SCB (POSS) Rp9 juta, Masjid Savana Ardea Rp8 juta, Balai PSDA Serayu Citanduy Rp5 juta, KRL Mania Rp1 juta, Masjid Shoutul Quran Rp2,1 juta, Masjid Gama Insani Tower Rp2 juta, dan Masjid Wisma KEAIA Rp1,8 juta. 

Sementara BAZNAS Provinsi/Kota/Kabupaten yang telah menyerahkan donasi untuk masyarakat Palestina yaitu, BAZNAS Prov. Jawa Barat Rp150 juta, BAZNAS Kab. Kepulauan Selayar Rp120,814 juta, BAZNAS Kab. Seram Bagian Timur Rp100.100.000, BAZNAS Prov. Papua Barat Rp84.505.000, BAZNAS Kota Yogyakarta Rp75 juta, Kab. Bone Rp 52.769.500, BAZNAS Kab. Cianjur Rp 50 juta, BAZNAS Kab. Hulu Sungai Tengah Rp38.410.500, BAZNAS Kab. Sumbawa Barat Rp15 juta, BAZNAS Kab. Bantul Rp 10 juta, BAZNAS Kab. Lombok Utara Rp10 juta, BAZNAS Kab. Kepulauan Pangkal pinang Rp 5 juta, BAZNAS Kab. Tanah Laut Rp 5 juta, BAZNAS Kab. Banggai Laut Rp5 juta, serta BAZNAS Kota Cimahi Rp2,5 juta. 

Tidak hanya itu, dari mitra digital terdiri atas Kitabisa.com, Salam Setara Foundation, Ayobantu.com, Bersedekah.com, Carats Indonesia, dan LinkAja Syariah. Untuk mitra perusahaan terdiri atas PT Paragon Innovation and Technology, sementara mitra luar negeri dari PPIM. 

Adapun mitra LAZ yang menyerahkan donasi Membasuh Luka Palestina di antaranya, LAZNAS Sidogiri Rp600 juta, LAZNAS Lembaga Manajemen Infak Ukhuwah (LMI) Rp250 juta, LAZNAS Rumah Zakat Indonesia Rp200 juta, LAZNAS Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) Rp200 juta, LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia Rp100 juta, LAZ Provinsi Yayasan Al Hilal Rancapanggung Rp100 juta, LAZ Kab/Kota Cahaya Quran Rabbani Rp100 juta, LAZ Yayasan Al Ihsan Jawa Tengah Rp100 juta, LAZ Provinsi Zakat Sukses Rp50 juta, LAZNAS Mandiri Amal Insani Rp20 juta, LAZ Nashirussunnah Permata (Yashiruna) Rp17 juta.

BAZNAS mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada di bawah serangan Israel. Bantuan dapat disalurkan melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.