Hadir Kembali di BCC, Muslim LifeFair Bandung 2023 Suguhkan 5 Fakta Menarik!

MUS • Monday, 6 Nov 2023 - 13:09 WIB

Bandung – Pameran produk muslim dan kuliner halal, Muslim LifeFair Bandung (Mufair) kembali digelar di Bandung Convention Centre (BCC) pada 3 - 5 November 2023.

Gelaran berkonsep bazaar ini menghadirkan sebanyak 200 exhibitor dari 122 brand dari berbagai kategori bisnis yaitu modest fashion & accessories, halal cosmetics, islamic education, kids & baby products, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal herbal, halal travel, multi product, hingga kuliner halal aman & sehat (KHAS). 

Hadir pada pembukaan Mufair 2023, Kepala Divisi Promosi dan Kerja Sama Strategis KNEKS, Inza Putra dan Kabid Perekonomian Setda Jabar Yuke Mauliani Septina yang sekaligus turut membuka acara.

Inza Putra mengapresiasi gelaran Mufair yang rutin digelar di sejumlah kota. Menurutnya, hal ini sangat memberikan pengaruh terhadap peningkatan indeks literasi ekonomi syariah yang sedang diupayakan tumbuh maksimal. Inza menyebut, tahun ini indeks literasi ekonomi syariah naik 6%. 

“Melalui event-event seperti ini, dapat membantu masyarakat  lebih memahami produk halal. Juga, bagi pelaku usaha  terdorong untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya sesuai standarisasi dan prinsip-prinsip syariah. Targetnya tahun 2024, bisa mencapai indeks literasi sebesar 40 persen, dan meningkatkan lagi menjadi 50% pada tahun 2025,” ungkap Inza Putra.

Kabid Perekonomian Setda Jabar, Yuke Mauliani juga sangat mendukung event-event produk halal bisa digelar lebih banyak di kota Bandung, mengingat penduduk Jawa Barat didominasi umat Muslim.

"Ada 49,4 juta penduduk Jawa Barat, dan 48 jutanya ini adalah muslim. Tentu saja ini peluang yang sangat besar bagi  produk-produk muslim dan halal bisa dikembangkan secara maksimal. Apalagi kami memiliki kurang lebih 4000 UMKM binaan. Semoga Mufair bisa menginspirasi event-event muslim lainnya di kota Bandung,” pungkas Yuke Mauliani 

General Manager Lima Events, Ilham Pradipta, sebagai penyelenggara Mufair Bandung 2023, optimis gelaran yang dilangsungkan selama tiga hari ini bisa dikunjungi sebanyak lebih dari 20.000 pengujung. 

Mufair 2023 Goes To Muslim Life Fest 2024 yang diselenggarakan secara berkesinambungan di sejumlah kota: Jakarta, Jogyakarta, dan Bandung ini selalu memberikan hal unik dan menarik. Apa saja fakta menarik dari Mufair Bandung 2023, bagi yang ingin berkunjung, simak 5 fakta berikut ini!

Mufair Bandung menjadi wahana pemasaran dan pengembangan bisnis produk muslim yang solutif. Peserta pameran (exhibitor) pada Mufair 2023 ini 60 %  berasal dari Jawa Barat, selebihnya 35 % berasal dari Jakarta dan luar Jawa.

Uniknya, gelaran ini selalu memberikan kesan inspiratif bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis, memperluas jaringan (networking), dan mendapatkan insight produk yang dibutuhkan konsumen, sehingga tak heran, jika lebih dari 50 % dari exhibitor adalah peserta loyal tidak pernah absen mengikuti ajang ini baik pada Mufair di Bandung sebelumnya, dan sejumlah kota lain yaitu Jakarta dan Jogya. Sedangkan, 50 % sisanya, diikuti oleh exhibitor baru dari berbagai daerah.

Menurut Ilham Pradipta, rata-rata exhibitor yang mengikuti Mufair, tidak hanya dari pelaku usaha UMKM, tetapi juga dari sejumlah brand yang memiliki cabang di sejumlah kota. Mufair Bandung menjadi agenda penting untuk meningkatkan brand awareness dan menjalin hubungan yang erat dengan konsumennya. Sedangkan bagi ekshibitor luar kota, merupakan kesempatan mencari mitra bisnis, distributor dan reseller.

Mufair Bandung 2023 ikut mendorong bangkitnya perekonomian kota Bandung melalui kegiatan shopping yang memikat. Merujuk pada Mufair Bandung 2022, transaksi yang berputar selama 3 hari mencapai sekitar Rp 5 Miliar.

Dengan banyaknya program promosi spesial pada Mufair tahun ini, Ilham Pradipta optimis transaksi bisnis bisa melebihi dari tahun sebelumnya.

Beberapa program yang dilakukan diantaranya adalah penawaran spesial dan promo fantastis bertebaran selama event berlangsung. Diantaranya, program tebus murah hanya Rp 5000 untuk produk perawatan wajah dari Wardah dan Kafh, dan tebus murah Rp 25 ribu untuk produk fashion dan aksesoris.

Syaratnya dengan cara menukarkan struk belanja minimal Rp 250 ribu, mem-follow Instagram @muslimlifefair.id dan posting di instastory sosial media mereka. 

Catat waktu dan tempatnya program tebus murah; di stage Serlok, setiap hari, mulai  pukul 15:30 sampai 16:00 Wib. Hanya 30 menit saja, pengunjung berkesempatan memperoleh produk muslim dengan harga sangat terjangkau.

Tak hanya program tebus murah, Mufair Bandung juga khas dengan penawaran produk harga grosir yang dijual eceran. Tentu bagi jastiper atau yang senang berjualan, bisa memaksimalkan kesempatan ini.

Bagi pemburu diskon, tentu tidak akan melewatkan diskon dan flash sale hingga 75 persen, stok terbatas. Program belanja sekaligus donasi untuk Palestina juga digerakkan selama event berlangsung.

Ketua KPMI Korwil Bandung, Adnan Noviansyah menuturkan, stimulasi promo ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis, memperbanyak langganan dan juga mempererat ukhuwah islamiyah melalui kegiatan berniaga yang thoyib. “Dengan begitu UMKM produk halal juga bisa naik kelas,” pungkasnya.

Mufair Bandung menjadi ajang penguatan kapasitas pelaku usaha dan peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah. Berbagai acara sharing bertajuk Muslim Talk, mulai dari topik fiqih muamallah, akidah sampai parenting juga bisa diikuti seluruh pengunjung.

Diantaranya yaitu : Menyusun waris planning oleh Ust. Muhammad Abu Rivai, SH, MH ; Islam adalah Agama yang mudah oleh Ust. Badrussalam LC, dan Ust. Amir Maretan ; Bedah Buku : Prinsip Hidupku, oleh Ustz. Ammi Nur Baits; Rambu-rambu dalam bermedsos oleh Ustz. Yusuf Abu Ubaidah;  Antara adab dalam berkendara bersama  Ust. Dr. Muhammad Arifin Badri dan Ustz. Yogi Galih, dan masih banyak lagi tema-tema aktual lainnya.

Khusus parenting, hadir Kak Yogi Triadi (praktisi pendidikan anak) mengulas anak cerdas: Aku mau jadi jagoan yang baik. Kemudian Ust, Khalid Samhudi LC membahas tentang Pertengkaran dalam rumah tangga. Bagi yang sedang mencari pesantren, agar tambah yakin bisa menyimak kajian Ust. Beni Sarbeni tentang pesantren menjadi solusi bagi benteng pendidikan Islam. 

Mufair Bandung menjadi salah satu wahana edukasi dan rekreasi bagi keluarga muslim. Selama gelaran berlangsung, anak-anak disuguhkan berbagai aktivitas menarik.

Bekerja sama dengan Makarim Institute, diadakan lomba mewarnai berhadiah  uang tunai senilai jutaan rupiah. Lomba mewarnai tanpa dipungut biaya ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 November, untuk kategori Junior (PG/TK), pukul 10:30 -11:30 Wib dan senior (kelas 1 – 3SD) pukul 16:00 – 16:45 Wib.

Sedangkan untuk kategori Advance (kelas 4-6 SD) dilaksanakan pada hari Ahad, 5 November 2023. Selain itu ada juga lomba syahrul hadits Arba’in An-Nawawi yang diadakan oleh Pustaka Imam Syafii pada hari Ahad, pukul 13:00 – 14:30 Wib.

Anak-anak yang senang berpetualang dengan menjajal aneka permainan, disediakan wahana permainan seru outdoor activities seperti bermain pasir, istana balon, traditional games dan sebagainya. Tidak ketinggalan, bagi yang sedang berikhtiar mencari jodoh yang soleh solehah, ada juga kelas ta’aruf, yang Insya Allah akan difaslitasi oleh asatidzah. 

Program existing Serlok Kuliner- bersama dengan Uki Kautsar dan Reda Samudera siap memberikan kejutan program menarik dan obrolan seru seputar bisnis kuliner sambil menyantap hidangan kuliner halal, aman dan sehat (KHAS) di di area kuliner.

Salah satu program tersebut adalah mini workshop plating donat Jepang bersama Chef Agus Jamhari sekaligus lomba menghias donat untuk anak yang dilaksanakan pada hari Jumat pukul 16:00 hingga 17:45 Wib.

Yang berbeda pada Mufair kali ini lainnya adalah pengunjung bisa lebih menikmati sajian kuliner lebih variatif ala food truck yang disediakan di area kuliner. 

Sekjen Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Pusat, Lucky Cahyo, berharap melalui Mufair Bandung 2023 ini bisa mendorong pertumbuhan bisnis produk muslim dan kuliner halal khususnya di kota Bandung, dan sekaligus juga turut membantu pemerintah untuk meningkatkan indeks literasi ekonomi dan   keuangan syariah yang saat ini masih 23%.

"Mufair Bandung menjadi salah satu bentuk ikhtiar kami untuk mendukung pencapaian target indeks literasi mencapai angka 50 % pada tahun 2025,” pungkas Lucky Cahyo.

KPMI sebagai tuan rumah, terus memberikan pembinaan kepada para anggotanya melalui berbagai program. Mulai dari program edukasi, coaching, hingga pelatihan dan pendampingan ekspor.

KPMI juga secara rutin menyelenggarakan business matching dan misi dagang yang mempertemukan anggota KPMI dengan mitra bisnis di dalam dan luar negeri.

Bagi pengusaha muslim yang ingin bergabung dengan KPMI, bisa mendaftar di laman https://kpmi.or.id/member. Tiket masuk arena Muslim LifeFair Bandung 2023 sebesar Rp 20.000 per orang. Bisa dibeli di lokasi acara dan dapat dipesan secara online melalui Aplikasi Muslim LifeShop.