Wujudkan Reformasi Birokrasi, FH UPNVJ Canangkan Zona Integritas

ANP • Friday, 3 Nov 2023 - 13:00 WIB

JAKARTA - Pada hari ini, Jumat (3/11) Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (FH UPNVJ) mencanangkan Zona Integritas (ZI) di lingkungan FH UPNVJ.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Dr Suherman, SH, LLM menegaskan, pihaknya ingin mencapai sasaran reformasi birokrasi di lingkungan FH UPNVJ.

"Dengan ZI ini kami terus berusaha mencapai sasaran Reformasi Birokrasi, yaitu birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi, serta birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas," tegas Dekan FH UPNVJ, Dr Suherman, SH, LLM usai pencanangan Zona Integritas di FH UPNVJ, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Menurut Suherman,
kegiatan ini dalam rangka mengimplementasika Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah, FH UPNVJ  membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Fakultas Hukum.

"Iya dengan zona integritas ini maka Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta ini berusaha untuk mencapai birokrasi yang bersih, akuntable dan kinerja tinggi. Selain itu, birokrasi yang efektif dan efisien dan birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas, terutama buat mahasiswa dan stakeholder Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta," katanya.

Ia menjelaskan, sebagai langkah awal, telah dibentuk Tim Zona Integritas FH UPNVJ menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui Keputusan Rektor.

"Tim ini bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan zona integritas di lingkungan Fakultas Hukum," kata Suherman.

Nantinya, ujar Suherman, akan melalui enam pengungkit utama, yaitu: (1) manajemen perubahan, (2) tata laksana, (3) manajemen sumber daya manusia, (4) akuntabilitas, (5) pengawasan, dan (6) pelayanan publik.

"Upaya yang dilakukan oleh FH UPNVJ akan berfokus pada peningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada stakeholders baik dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni," tegasnya.  

Penandatangan Zona Integritas dilakukan oleh seluruh civitas akademika FH UPNVJ, mulai dari pimpinan fakultas hukum, dekan wadek, kajur kaprodi, guru besar, dosen hingga mahasiswa. Selain itu ada pula pihak ekternal yaitu Media, Kepolisian dan Kelurahan setempat.