Pilpres 2024, Tetap berpolitik Secara Santun, Santuy dan Riang Gembira

AKM • Friday, 3 Nov 2023 - 07:39 WIB

Jakarta - Jelang pilpres 2024, perbedaan pandangan dan pilihan akan terus terjadi semakin memanas serta berpeluang terjadinya gesekan konflik yang semakin tajam. Hal ini harus disikapi semua pihak dengan tetap berpolitik secara santun, santuy dan riang gembira, serta tidak perlu menjelek-jelekkan kandidat lain.

“Berharap semua pihak tetap berpolitik secara santun, santuy dan riang gembira, serta tidak perlu menjelek-jelekkan kandidat lain,” ujar Ketua Dewan Penasihat PSI Helmi Yahya , dalam sebuah dialog, Jakarta, Rabu (1/11)

Ia mempersilahkan semua pihak untuk menentukan pilihannya sesuai dengan hati nurani dan yang terbaik untuk Indonesia ke depan.

"Pro kontra itu biasa, kita memang tidak bisa memuaskan semua pihak. Tapi kami di PSI  sudah punya kesepakaan, bahwa berpolitik itu harus santun, santuy dan riang gembira," kata Helmi.

Helmi berpandangan, saat ini memang waktunya anak muda diberikan peran lebih dalam politik di tanah air, karena mereka yang akan menentukan berbagai masa depan Indonesia.

"Sekarang waktunya berbagai masa depan dengan anak muda, karena masa depan ini milik anak muda. Kita jangan underestimate dengan anak muda seperti Gibran, karena memang Indonesia harus dipimpin anak-anak muda," katanya.

Sementara itu, Saling klaim kemenangan  untuk satu putaran pilpres masih menjadi cara untuk menarik perhatian masyarakat.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah optimistis pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan memenangi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 satu putaran. 

Sebab, Prabowo-Gibran adalah pasangan yang paling ideal dibandingkan pasangan lain, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Sekarang ini kita sadar ada di tengah. Dagangan kita, dagangan yang paling ideal. Yang penting tarinya dibikin anggun, Insya Allah semua ke kita. Jadi logika kita bisa menang satu putaran itu sangat mungkin, karena memang kita adalah kandidat yang sangat indah," kata Fahri.