RS Siloam Kerja Sama dengan Asan Medical Center Korea Selatan Kembangkan Kemampuan Klinis di Indonesia

ANP • Thursday, 2 Nov 2023 - 22:52 WIB

Jakarta - Grup RS Siloam (Siloam) dan Asan Medical Center (AMC) di Seoul, Korea Selatan telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memperluas dan mengembangkan kapabilitas klinis di Indonesia. Kerjasama ini juga akan memungkinkan Siloam dan AMC untuk menjadi penyedia layanan kesehatan kolaboratif, termasuk perawatan bersama pasien dan rujukan pasien, serta pertukaran staf medis dan peneliti. 
Konferensi pers yang diadakan hari ini dihadiri oleh perwakilan dari Asan Medical Center Sook-kyung Sung, Ketua Tim dan Manajer Umum Asan Medical International dan Do-young Han, Project Manager dari Asan Medical International. Caroline Riady, Managing Director Siloam Hospitals Group  Dr. Grace F. Indradjaja, MM, Medical Clinis Managing Director Siloam Hospitals Group, dan para anggota Direksi. Selain itu, perwakilan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
"Grup RS Siloam dan Asan Medical Center memiliki tujuan yang sama dalam upaya kami untuk meningkatkan kesehatan dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan. Kami sangat senang dapat memulai kolaborasi strategis dengan Siloam, salah satu operator layanan kesehatan swasta terbesar di Indonesia yang memiliki standar internasional dan keahlian yang mendalam di bidang medis," ujar Ibu Sook-kyung Sung.
Asan Medical Center (AMC) telah menjadi yang terdepan dalam pengembangan medis di Korea Selatan sejak didirikan pada tahun 1989. Sebagai kompleks medis terbesar di Korea, AMC memiliki 2.732 tempat tidur, 50 pusat spesialisasi, dan 56 departemen klinis, yang memberikan perawatan kepada rata-rata 13.857 pasien rawat jalan dan 2.491 pasien rawat inap setiap hari. Selain itu, AMC melakukan lebih dari 70.000 operasi kompleks setiap tahunnya. AMC telah menerima pengakuan yang signifikan atas pencapaian klinisnya yang tak tertandingi, terutama di bidang transplantasi organ, kanker, dan penyakit jantung, dengan 1 dari 4 transplantasi dan 1 dari 9 operasi kanker di Korea dilakukan di AMC.
Perlu dicatat, AMC telah diakui oleh U.S. Newsweek dalam jajaran 'Rumah Sakit Terbaik di Dunia', secara konsisten menempati posisi teratas di Korea selama lima tahun berturut-turut dan menempati peringkat ke-29 di dunia. Kuantitas dan kualitas perawatan AMC yang luar biasa mengundang rata-rata 450 dokter internasional setiap tahunnya untuk berpartisipasi dalam program pelatihan AMC untuk memperoleh teknik dan pengetahuan medis tingkat lanjut. Selain itu, AMC telah muncul sebagai rumah sakit terkenal yang melayani pasien dari dalam dan luar negeri, merawat lebih dari 20.000 pasien internasional setiap tahunnya.
Sejak didirikan 25 tahun yang lalu, Grup RS Siloam Indonesia telah memiliki misi untuk menjadi destinasi pilihan terpercaya untuk layanan kesehatan holistik berkelas dunia, edukasi kesehatan dan penelitian. Dengan visi untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas internasional, terjangkau, terukur, dan dilandasi kasih sayang Ilahi, kerjasama ini akan semakin memperkuat komitmen Grup RS Siloam untuk menyediakan layanan kesehatan berkualitas internasional di Indonesia.
Siloam dikenal sebagai rumah sakit yang mengoperasikan beberapa rumah sakit terbaik di Indonesia, seperti pusat kanker terlengkap, MRCCC di Jakarta Selatan dan pusat neurosains pertama di Indonesia, RS Siloam Lippo Village di Tangerang. Saat ini, Siloam merupakan satu-satunya rumah sakit swasta yang masih melakukan prosedur transplantasi ginjal melalui Siloam ASRI dan telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan sebagai pusat transplantasi ginjal. Rumah sakit ini telah melakukan lebih dari 300 transplantasi ginjal hingga saat ini dengan tingkat kelangsungan hidup 1 tahun sebesar 96%.
Hubungan kerjasama strategis ini menunjukkan komitmen Siloam untuk terus memperkuat program klinis dan hasil medisnya. Kedua belah pihak dapat saling meningkatkan pengetahuan dalam kasus-kasus yang kompleks, meningkatkan kesadaran, eksposur, dan pengalaman tim medis di berbagai bidang medis, serta banyak keuntungan lainnya dari kemitraan ini. Selain itu, para dokter dan ahli medis dari Siloam dan AMC dapat memperoleh manfaat dari penelitian dan pelatihan klinis. Siloam mengelola jaringan yang luas dengan 41 rumah sakit yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia dan melayani lebih dari 3 juta pasien setiap tahunnya. Dengan memanfaatkan keahlian klinis AMC yang canggih, Siloam dapat berkolaborasi dalam pelatihan bersama, penelitian dan uji klinis bersama, kunjungan lapangan, dan transfer pengetahuan akademis.
"Dalam usaha kami untuk terus meningkatkan pelayanan yang kami berikan, kami berupaya untuk menyediakan pusat unggulan untuk meringankan kebutuhan medis di negara ini. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan medis kami yang sudah ada dan membangun kemampuan medis yang baru. Sementara Siloam terus mengembangkan kemampuan medisnya yang komprehensif, kami berharap kolaborasi medis antara Siloam dan AMC juga akan meluas ke layanan lainnya," ujar Caroline Riady.