WhatsApp Business Summit Indonesia Hadirkan Alfamart di WhatsApp

ITK • Thursday, 2 Nov 2023 - 17:24 WIB
WhatsApp Business Summit Indonesia

Jakarta - WhatsApp menyelenggarakan acara WhatsApp Business Summit pertama di Indonesia yang dihadiri oleh lebih dari 1.500 peserta yang terdiri dari pengusaha kecil, perusahaan, dan developer. Pada kesempatan tersebut, Alfamart mengumumkan bahwa dalam waktu dekat, masyarakat akan dapat berkomunikasi dan melakukan pemesanan secara langsung melalui WhatsApp. Selain itu, WhatsApp juga memperkenalkan beragam fitur baru yang bertujuan untuk mempercepat interaksi bisnis dengan pelanggan melalui platform ini.

 

Pengalaman Alfamart di WhatsApp

Alfamart mengumumkan bahwa masyarakat Indonesia akan segera dapat menjelajahi katalog produk secara online, serta menambahkan item ke dalam keranjang sebelum melanjutkan ke sistem pembayaran Alfamart. Kemudian, pesanan akan diantarkan ke alamat konsumen dari Alfamart terdekat. Pengalaman ini akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

"Alfamart telah berhasil memanfaatkan WhatsApp secara efektif untuk memudahkan para pelanggan kami dalam mengakses program loyalitas kami. Saat ini, kami merasa sangat antusias dalam menggunakan WhatsApp untuk menghadirkan pengalaman online-to-offline yang sederhana dan dapat diandalkan bagi konsumen kami,” ujar Linda Valentin, Chief Commercial Officer Alfagift, Alfamart.

“Masyarakat Indonesia menyukai dan menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan kepada teman, keluarga, dan ke semakin banyak bisnis karena sederhana, aman, dan pribadi. Sejak tahun 2022, percakapan sehari-hari antara individu dan bisnis di WhatsApp di Indonesia meningkat hampir dua kali lipat, dan kami bertekad untuk terus mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia,” kata Pieter Lydian, Country Director, Meta di Indonesia.

Pieter Lydian, Country Director, Meta Indonesia

 

Pengalaman Chat yang Lebih Cepat dengan Flows

WhatsApp memperkenalkan fitur Flows dengan tujuan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk menyediakan beragam pengalaman, seperti memilih kursi pesawat dengan cepat atau membuat janji pertemuan – semuanya dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan chat Anda. Dengan Flows, bisnis dapat menyediakan berbagai pilihan menu yang lengkap serta formulir yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan yang bermacam-macam. Fitur WhatsApp Flows kini tersedia secara global bagi bisnis yang menggunakan Platform WhatsApp Business.

 

Bisnis yang Diverifikasi Meta di WhatsApp

Bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business dapat menerima Verifikasi Meta, yang akan meyakinkan pelanggan bahwa mereka sedang berinteraksi dengan akun bisnis yang resmi. Untuk mendapatkan verifikasi Meta, sebuah bisnis dapat menunjukkan keasliannya kepada Meta. Setelahnya, bisnis tersebut akan mendapatkan lencana terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, dan perlindungan dari peniruan.

Bagi bisnis yang tertarik untuk mendaftar, Verifikasi Meta akan hadir dengan fitur premium tambahan yang mencakup kemampuan untuk membuat halaman WhatsApp khusus yang nantinya mudah ditemukan melalui pencarian web, dan dukungan multi perangkat agar beberapa karyawan dapat menanggapi pelanggan. Kami akan melakukan uji coba Verifikasi Meta terlebih dahulu dengan bisnis skala kecil yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business, sebelum memperkenalkannya kepada bisnis di Platform WhatsApp Business di masa mendatang.

Clair Deevy, Director of WhatsApp Business Ops _ Affairs

 

AI untuk Bisnis

Dalam waktu dekat, WhatsApp akan mendukung para pelaku bisnis dalam meningkatkan mutu dan kecepatan layanan yang mereka berikan kepada pelanggan melalui penggunaan solusi kecerdasan buatan (AI). Saat ini, kami sedang menguji AI yang dirancang secara khusus untuk keperluan bisnis, agar setiap bisnis dapat memiliki AI yang mampu berinteraksi dengan pelanggan guna melakukan penjualan dan memberikan layanan dukungan. WhatsApp akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini dalam beberapa bulan ke depan. (*ITK)