Tingkatkan Kesejahteraan Mustahik, PT MBK Ventura Serahkan Zakat Perusahaan Melalui BAZNAS

ANP • Thursday, 2 Nov 2023 - 17:02 WIB

JAKARTA -  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menerima penyaluran zakat perusahaan dari PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura sebesar Rp5.437.496.250 yang akan ditujukan untuk mengoptimalkan program-program BAZNAS dalam upayanya memberi kesejahteraan kepada mustahik.

Simbolisasi penyerahan zakat perusahaan dilakukan di Kantor BAZNAS RI, Matraman, Jakarta, Rabu (1/1/2023), dengan dihadiri Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, H. Rizaludin Kurniawan M.Si, serta Presiden Direktur PT MBK Ventura Dr. Shafiq Dhanani didampingi Pengawas Syariah PT MBK Prof. Dr. Euis Amalia dan Achmad Ramdani SE, Wakil Direktur Utama sekaligus Pimpinan  Unit Usaha Syariah.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA mengucapkan terima kasih kepada PT MBK Ventura yang telah mempercayakan zakat perusahaanya kepada BAZNAS. 

"Zakat perusahaan yang ditunaikan ini sangat bermanfaat bagi program-program BAZNAS dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia, khususnya dalam pengentasan kemiskinan ekstrem dan stunting," ujar Kiai Noor.

Kiai Noor mengatakan, BAZNAS juga memiliki berbagai program pengentasan kemiskinan seperti program Rumah Sehat BAZNAS, Beasiswa Cendekia BAZNAS, Program Santripreneur, BAZNAS Microfinance Desa (BMD), dan program pemberdayaan lainnya. 

"Sebagai contoh, BAZNAS memberikan beasiswa bagi santri-santri kelas 3 Aliyah yang tergolong miskin, masing-masing diberikan bantuan Rp6 juta untuk mengikuti kursus Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan Alhamdulillah semua masuk PTN bahkan luar negeri. Ini merupakan percepatan, sehingga setelah kuliah mudah-mudahan mereka menjadi muzaki," jelasya. 

Kiai Noor juga memastikan, dana zakat perusahaan ini akan disalurkan secara tepat sasaran dan mengedepankan prinsip 3A (Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI).

Sementara itu, Presiden Direktur PT MBK Ventura Shafiq Dhanani mengatakan, dibentuknya PT MBK Ventura ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui pembiayaan syariah kepada kelompok perempuan yang memiliki usaha produktif  dan hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan BAZNAS. Jadi ada kesamaan visi misinya.

"Alhamdulillah, pada hari ini PT MBK Ventura Unit Usaha Syariah dapat menunaikan zakat perusahaan melalui BAZNAS. Mudah-mudahan dana zakat perusahaan yang kami tunaikan bisa mengurangi kemiskinan di Indonesia serta memberikan keberkahan bagi perusahaan,"ujar Shafiq.

Dalam acara tersebut, BAZNAS juga memberikan label "Taat Zakat" kepada PT MBK Ventura. Label ini menjadi bukti bahwa perusahaan telah taat menunaikan zakatnya, dan label "Taat Zakat" juga dapat digunakan dalam produk ataupun branding perusahaan.