Dubes Heri Buka Forum Bisnis Suku Cadang Otomotif Indonesia-Jepang ke-II di Nagoya

RED • Saturday, 28 Oct 2023 - 22:25 WIB

Nagoya - Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi membuka secara resmi the 2nd Indonesia-Japan Autoparts Business Forum di Nagoya, Jepang pada Jumat, 27 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan bagian perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Forum Bisnis Suku Cadang Otomotif Indonesia-Jepang Kedua ini disenggarakan oleh KBRI Tokyo bekerja sama dengan Bank Indonesia Tokyo, Kemenperin RI, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Gabungan Industri Alat Mobil dan Motor (GIAMM), Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Tokyo, Konsul Kehormatan RI di Nagoya, Bank Mitsubishi UFG Financial Group (Bank MUFG), dan Japan Autoparts Industry Association (JAPIA).

Forum ini mempertemukan pemangku kepentingan terkait suku cadang otomotif dari Indonesia dan Jepang.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) Heri Akhmadi menjelaskan forum ini ditujukan untuk mendorong realisasi kerja sama konkret kedua negara dan peningkatan investasi Jepang di sektor suku cadang otomotif.

"Kedua negara memiliki potensi kerja sama suku cadang otomotif yang perlu terus didorong dengan Jepang. Nilai industri otomotif Indonesia diprediksi akan mencapai lebih dari 25 milyar USD di tahun 2025," ujar Dubes Heri yang didampingi oleh Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo Sunan J. Rustam dan Atase Perindustrian Sofyari Rahman.

"Kegiatan ini telah dilaksanakan kali kedua dan akan dijadikan kegiatan tahunan, untuk tahun depan akan difokuskan pada kerja sama tenaga kerja terampil Indonesia termasuk sertifikasi dan pembiayaannya di sektor suku cadang otomotif Jepang," tambahnya. 

Tidak kurang dari 150 orang menghadiri acara bisnis forum yang dilakukan secara hibrida ini. Para peserta Indonesia terdiri dari perwakilan Toyota Indonesia Supply Chain Club dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia serta dari Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Otomotif (PIKKO), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan perusahaan platform industri manufaktur Imajin. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destri Damayanti, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufik Bawazier, Wakil Gubernur Prefektur Aichi Shinichiro Furummoto, Wakil Presiden Direktur PT. TMMIN Bob Azam, Ketua Gabungan Alat Industri Mobil dan Motor (GIAMM) Hamdhani Salim, Managing Executive Officer MUFG Hamdhani Salim serta Small Medium Enterprise Support Japan (SMRJ). Hadir pula para pimpinan perusahaan dari Toyota Indonesia Supply Chain Club. 

Para peserta dari Indonesia juga berkesempatan melakukan site visit ke dua perusahaan otomotif Jepang pada 26 Oktober 2023. Sebelumnya, JAPIA telah melakukan kunjungan ke Indonesia pada 19-23 Oktober 2023.

Saat ini terdapat lebih dari 1.500 perusahaan industri suku cadang otomotif dalam negeri Indonesia yang memperkerjakan lebih dari 1,5 juta orang di sepanjang rantai nilai industri otomotif.