Action Segar Freelance bersama John Cena dan Alison Brie

RED • Thursday, 26 Oct 2023 - 07:14 WIB

Genre: Action Comedy
Sutradara: Pierre Morel
Pemeran: John Cena, Alison Brie, Juan Pablo Raba, Christian Slater
Durasi: 1 jam 49 menit
Mulai tayang di bioskop Cinema XXI: 25 Oktober 2023

Kau tahu bagaimana rasanya melakukan, apa yang semestinya dilakukan. 
Semuanya terasa seperti dalam kesatuan, yang selaras dengan alam semesta. 
Seseorang boleh berharap kan? 

Itulah narasi pembuka Freelance, mengingatkan kenyataan, ketika kita lebih sering terpaksa melakukan kegiatan-kegiatan, yang tidak disukai. Hidup tanpa tujuan, melainkan sekadar bertahan dan menjalaninya. Menyampingkan tujuan yang terhimpit tuntutan hidup.

Freelance bercerita tentang tokoh utama Mason Pettits (John Cena), seorang ayah dan suami yang baik. Berprofesi sebagai pengacara biasa-biasa, Mason menghadapi dilema. 

Dia cukup nyaman dengan kehidupan sekarang, tetapi hati kecilnya berteriak. Mason berpikir, profesinya sebagai pengacara sebenarnya menghancurkan jiwa. 

Mason terbayang dengan pekerjaan sebelumnya menjadi tentara, membela yang benar, namun sudah pupus setelah kecelakaan dan serangan yang turut menewaskan kawan-kawannya. 

Harapan kembali tumbuh ketika Mason ditawari pekerjaan freelance dari kontraktor militer swasta. Mason sempat berkata tidak, namun dia terpanggil kembali ke dunia lama yang dicintainya, keprajuritan, kali ini dengan upah besar. 

Tepatnya, Mason harus mengawal perjalanan seorang jurnalis Claire Wellington (Alison Brie). Sebagai wartawan yang kariernya sedang terpuruk, Claire mendapat kesempatan emas untuk pertama kalinya mewawancara diktator Juan Venegas, pemimpin negeri fiksi, Paladonia. 

Tak disangka, Presiden Venegas sedang dikudeta militer. Sang presiden, pewarta Claire, dan pengawal Mason terjebak pada situasi sulit. Mereka, tepatnya Venegas, sedang diburu dari segala penjuru. 

Claire memandangnya sebagai liputan eksklusif sekali seumur hidup, yang tak ingin ditinggalkan. Sebaliknya bagi Mason, dia perlu mengantarkan Claire ke tempat aman, yang jelas jauh dari Presiden Venegas. 

Sebagai pensiunan, Mason sekadar ingin menuntaskan tugasnya, menendang, menghantam, membidik, sebagai pekerja lepas. Mampukah Mason menyelesaikan misinya, menyelamatkan Claire, dan segera keluar dari Paladonia? 

Di sela-sela upaya penyelamatan, relasi Mason, Claire, dan Juan Venegas, ternyata menimbulkan kekikukkan tersendiri. Pesan moral politik juga terasa di sana sini, terlebih saat menjelaskan kediktatoran Venegas. 

Kerapuhan dalam kekuatan Mason, dan kepolosan dalam kegigihan Claire menjadikan Freelance hiburan segar yang bisa memancing tawa. Kontrasnya karakter yang dimainkan John Cena, Alison Brie, dan Juan Pablo Raba mampu menarik kita sejenak dari rutinitas.