Di Bali Muncul Air dalam Kemasan Galon BPA dan Galon PET

ANP • Monday, 23 Oct 2023 - 13:27 WIB

BALI - Selama ini salah satu produk air minum dikenal sebagai produsen galon plastik keras polikarbonat yang mengandung senyawa Bisfenol A (BPA). Tapi tak banyak yang tahu, mereka juga memproduksi galon dari kemasan plastik bening mengandung polyethylene terephthalate (PET).
Kok bisa? Kemasan galon tersebut dalam dua versi berbeda ini justru ditunjukkan oleh seorang wanita yang muncul di sebuah akun media sosial.
Wanita yang kelihatannya berdomisili di Bali tersebut, tampil dengan dua galon yang berbeda. Ada galon dengan kemasan yang lebih gelap, sementara galon air minum lain kelihatan dengan warna yang lebih bening.
Lantas, apa perbedaan galon dalam kemasan plastik gelap dan bening?

Lewat akun media sosial @Lilieana Wi, tampil video seorang wanita yang menunjukkan dua galon tersebut: galon air gelap dan galon  bening.

Wanita tersebut menjelaskan keheranannya karena menemukan dua kemasan galon isi ulang produksi yang ternyata jenis plastiknya berbeda.

"Penting untuk ketahui, galon air minum dalam kemasan kini sudah beredar dua jenis yang berbeda," kata wanita tersebut, Rabu, 18/10/2023.

Dilihat dari segi warna, wanita tersebut menempatkan galon yang diduga Aqua berwarna gelap di sisi kanan.
Menurutnya, galon itu yang lebih gelap itu mengandung bahan kimia BPA yang menurut banyak riset internasional sangat berbahaya bagi kesehatan.

"Bisa dilihat dari segi warna, yang satu ini lebih gelap dan tulisan di belakangnya itu ada tujuh segitiga 7 berbahan polikarbonat, yang sekarang lagi viral banget karena ada cemaran BPA-nya," katanya.

Di depannya, ada pula galon yang diduga Aqua berwarna bening. Saking awamnya, tadinya wanita ini menyangka galon bening dengan merek Aqua tersebut adalah palsu.
"Terus yang ini warnanya lebih terang, pas awal-awal dijual aku pikir ini galon palsu loh," katanya.
Namun, wanita ini  kemudian sadar kalau dia keliru. Rupanya, galon yang warnanya lebih terang tersebut lebih aman dibanding yang berwarna gelap.

"Soalnya belum pernah lihat yang seperti ini (yang bening), dan syukurnya rupanya ini berbahan yang sudah tidak tercemar," katanya.

Sebab, katanya, galon yang diduga Aqua bening tersebut memiliki keterangan Segitiga 1, yang berarti terbuat dari bahan PET.


Selain itu, kata dia, ciri lain yang menggambarkan galon
berbahan PET yakni lebih elastis.

"Bertuliskan segitiga 1 berbahan PET, ini bahan yang sama dengan air kemasan botol dan juga beda dari tekstur bahannya, ini bisa ditekan jadi lebih lentur bisa ditekan masuk," katanya.

"Kalau yang bahan polikarbonat sama sekali enggak bisa ditekan masuk," katanya tentang perbedaan keduanya.

Paham dengan perbedaan tersebut, ia mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati memilih air minum dalam kemasan demi menjaga kesehatan.

"Harus pintar-pintar milih ya guys. Terutama untuk ibu hamil, dan seperti aku yang masih punya bayi kecil jangan sampai salah pilih dan kena cemaran BPA-nya," katanya.

Sekarang sudah jelas ya, ternyata di pasaran sudah beredar dua jenis kemasan galon yang diduga Danone Aqua yang berbeda. Pertama, galon Aqua yang lebih gelap dan lebih banyak beredar di masyarakat. Kedua, ada lagi galon Aqua yang terbuat dari plastik PET yang diketahui lebih aman untuk kesehatan dan kemungkinan hanya beredar di Pulau Bali.