Andika Perkasa Ungkapkan Alasan Dukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024

ANP • Sunday, 22 Oct 2023 - 08:39 WIB

JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa mengungkapkan alasannya untuk mendukung Bacapres Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Kata Andika, dirinya sudah memutuskan untuk mendukung mantan Gubernur Jawa Tengah jauh sebelum dipilih menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden. 

Andika mengatakan hal tersebut saat dirinya pensiun dari TNI akan dimaksimalkan untuk memilih calon pemimpin yang terbaik. "Saya kan sudah ditanya banyak orang, tetapi saya tahu selepas pensiun menjadi Panglima TNI, saya akan memvote untuk pertama kali. Jadi saya sudah memilih jauh-jauh hari (untuk mendukung Ganjar)," kata Andika, Selasa (17/10/2023).


Andika menuturkan keputusannya memilih Ganjar sebelum akan ditunjuk sebagai Wakil Ketua TPN Ganjar Presiden. Andika mengatakan, pilihannya kepada Ganjar sudah dipertimbangkan secara teliti dan dengan hati. "Jadi saya secara publik, bahwa saya akan mendukung dan mencoblos Mas Ganjar sejak beberapa bulan yang lalu. Ketika diumumkan (menjadi Wakil Ketua TPN), saya siap betul," tegasnya. 

Sosok menantu dari AM Hendropriyono itu menyampaikan, ketika dirinya ditunjuk sebagai Wakil Ketua TPN GP, tidak ada yang memberitahu dirinya. Saat pengumuman pembentukan TPN yang diputuskan oleh para ketua umum partai pengusung Ganjar, Andika mengatakan baru mengetahui saat diumumkan namanya. 

"Padahal saya belum dihubungi atau didekati untuk ditanya apakah siap menjadi Wakil Ketua TPN. Tetapi saya sudah mantap mendukung Mas Ganjar," jelas Andika. 

Diketahui, Andika menghadiri Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia dengan digawangi oleh pembawa acara, Fanni Imaniar. Podcast yang dihadiri oleh Andika ini juga ditemani Bacaleg DPR RI Dapil Jawa Tengah III Partai Perindo Alan Juyadi.