Film Aku Rindu: Bawa Isu Kesetaraan Pendidikan dari Kisah Nyata

ITK • Saturday, 21 Oct 2023 - 13:44 WIB

Genre: Drama, Romance
Sutradara: Key Mangunsong 
Pemain: Verlita Evelyn, Samuel Rizal, Natasha Siahaan, Krisjiana Baharudin
Produksi: Eng Ink Eng Picture
Durasi: 92 Menit


Berlokasi di NTT, Aku Rindu membawa visualisasi keindahan alam yang luar biasa memanjakan mata. Berkisah tentang Lailani (Verlita Evelyn) yang harus ikut Banyu (Samuel Rizal) sebagai suaminya yang ditugaskan ke Larantuka, sebuah daerah terpencil di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Alur cerita dibuat sederhana, dengen memperlihatkan Lailani dan Banyu sebagai pasangan suami istri yang awalnya tinggal di Yogyakarta, dan kemudian pindah ke Larantuka dengan kondisi dimana Lailani ingin mengajar anak-anak yang tidak bisa sekolah di daerah itu.

Namun perjalanan Lailani sebagai seorang guru di sana ternyata tidak semudah itu. Halangan terus datang, mulai dari penolakan calon siswa hingga penolakan dari orang tua siswa yang menganggap kalau bersekolah tidak penting. Namun Lailani tidak menyerah, ia dibantu suami dan teman-temannya berhasil membawa perubahan dalam sistem pendidikan di Daerah Larantuka.

Keistimewaan dari film ini adalah pemerannya yang tidak hanya dari kalangan artis ternama. Film ini benar-benar diperankan oleh penduduk asli Larantuka. Seperti siswa-siswi yang diajar oleh Lailani, hingga polisi dan petugas kesehatan yang ada dalam daftar pemain, semuanya betul-betul berasal dari Larantuka.

Ini yang membuat Aku Rindu menjadi sangat orisinal. Ditambah kepiawaian Verlita Evelyn sebagai Lailani, aktingnya yang sungguh ingin membangun generasi penerus bangsa lewat pendidikan sangat patut diapresiasi. Verlita berhasil memerankan sosok pendidik muda yang pantang menyerah dan peduli dengan anak didikannya.

Uniknya, plot twist dalam film berhasil disajikan dengan apik, dan berhasil menjawab semua pertanyaan dan teka-teki yang diselipkan dari awal film mulai berjalan.

Selain ceritanya yang sangat inspiratif, Aku Rindu membuat penonton bisa menikmati keindahan Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui visualnya yang luar biasa, ditambah adat dan kebudayaan yang juga ditampilkan dalam film, membuat Aku Rindu bisa menjadi pilihan untuk menambah wawasan mengenai Indonesia.

Pendengar Trijaya yang ingin tahu petualangan Lailani bersama anak-anak Larantuka, bisa menyaksikan Aku Rindu yang sudah tayang di seluruh XXI tanah air. (AYN)