Pj Gubernur Sumut Ajak ASN Teladani Rasulullah

MUS • Monday, 16 Oct 2023 - 16:45 WIB

Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengajak para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk meneladani sifat, prilaku dan akhlak Rasulullah Muhammad SAW, dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H yang digelar Pemprov Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (16/10).

"Peringatan Maulid Nabi ini setiap tahun kita laksanakan agar dapat menjadi momentum bagi kita untuk mencontoh dan meneladani sifat, akhlak dan perilaku Nabi Muhammad SAW, dalam kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ucap Hassanudin. 

Hadir di antaranya,  Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin, Ketua DWP Sumut Dian Arief S Trinugroho, Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak, Ustaz Bambang Irawan Hutasuhut, Forkopimda, pimpinan OPD Sumut, serta ribuan ASN Pemprov Sumut. 

Hassanudin mengatakan, sifat yang perlu diteladani yakni sifat sidiq (jujur), amanah (dipercaya), tabligh  (menyampaikan) fathonah (cerdas). "Karena esensi dari peringatan ini adalah meneladani setiap pikiran, ucapan dan tindakan Rasulullah SAW," katanya. 

Hal senada juga disampaikan Ustaz Bambang Irawan Hutasuhut dalam ceramahnya. Dikatakannya, bahwa ASN Pemprov Sumut dapat mencontoh buah pikiran Nabi Muhammad SAW, terutama pikiran yang cerdas  dan jernih, ucapan yang santun dan penuh lemah lembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana. 

"Itulah prilaku dan ahklak yang mulia Rasulullah, yang mampu menebarkan rahmatan lil alamin, rahmat bagi semesta alam," katanya. 

Bambang juga mengajak, dengan peringatan Maulid ini dapat meneguhkan kembali rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya. Mencintai Nabi Muhammad, juga berarti mencintai Allah SWT.

"Rasa cinta dapat kita lakukan dengan mendorong kita semua untuk senantiasa menghadirkan dan memperbanyak selawat pada Baginda Rasulullah SAW," katanya.