It Lives Inside: Horror Mystery Kental akan Budaya

ITK • Saturday, 14 Oct 2023 - 09:51 WIB

Genre: Horror, Mystery
Sutradara: Bishal Dutta
Pemain: Megan Suri, Neeru Bajwa, Mohana Krishnan, Betty Gabriel, Vik Sahay, Gage Marsh
Durasi: 99 Menit
Produksi: Neon and QC Entertainment 
Distribusi: Universal Studio

Siapa sangka, ada film horror yang mampu menyampaikan unsur budaya sekaligus agama dalam satu alur cerita. Bishal Dutta selaku Sutrada berhasil menghadirkan keseruan itu dalam film berdurasi 99 menit ini.

Pertama menonton, kita akan dibawa dalam kehidupan sehari-hari gadis India yang pindah dan tinggal bersama kedua orang tuanya di Amerika. Samidha diperankan oleh Megan Suri, diceritakan merupakan sosok yang cukup populer dan mampu beradaptasi dengan lingkungan dan kebudayaan asing di Amerika. Sedangkan Tamira yang diperankan oleh Mohana Krishnan digambarkan berkebalikan dengan kepribadian Samidha.

Tamira tertutup, dijauhi oleh anak-anak lain di sekolah dan selalu membawa toples kumal yang tertutup rapat di dalam pelukannya. Pembawaan Tamira yang terkadang berbicara sendiri, menjadikan Tamira dianggap orang aneh dan tidak ada satu orang pun yang mau bergaul dengannya.

Tapi ternyata, Samidha dan Tamira memiliki hubungan spesial yang membawa keduanya harus menghadapi makhluk gaib kejam yang mengincar daging manusia. Samidha mulai diteror, satu persatu orang terdekatnya dalam bahaya.

Penggalan cerita di atas sudah menggambarkan sebagian alur cerita dari It Lives Inside. Cukup rapi dan nyaman diikuti saat ditonton, terlebih penggambaran detail sifat dari masing-masing karakter juga dibuat sangat apik. Penonton akan menyukai karakter Samidha (biasa dipanggil Sam), gadis India pemberani yang mampu melawan kekuatan jahat dalam film.

It Lives Inside, seperti judulnya yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia memiliki arti, "Hal itu Hidup di Dalam" ternyata dijawab sangat memuaskan dalam film. Unsur agama dan kebudayan India dihadirkan dalam film dengan maksimal, bagaimana peringatan Hari Puja dan pemberian sesaji masih dilakukan meski zaman sudah modern. Film ini menghadirkan keseruan mengikuti kisah dua gadis India yang harus melawan roh jahat untuk bertahan hidup.


Tidak hanya itu, It Lives Inside juga menyisipkan pesan moral yang menjadi point apik dalam alur cerita. Dimana kesendirian, kebencian, kemarahan, dan kesepian bisa menjadikan diri kita sakit secara mental hingga mendatangkan roh jahat yang bisa mengambil sisi kewarasan yang kita miliki.

Alur cerita yang bagus, pesan moral yang luar biasa, hingga karakter pemain yang dibawakan sangat kuat membuat It Lives Inside sangat layak untuk ditonton. Film Horror tidak melulu tentang hantu jahat gentayangan, It Lives Inside berani menghadirkan horror dengan versi berbeda, namun dengan ketegangan dan ketakutan yang sama.

Penasaran dengan petualangan penuh horror yang dialami Samidha dan Tamira? It Lives Inside sudah bisa  disaksikan di seluruh XXI tanah air! (AYN)