Tim Pengabdi Polimedia Bagikan 1000 pack Pengawet Alami makanan kemasan ke UMKM Bogor

ANP • Friday, 13 Oct 2023 - 10:25 WIB

JAKARTA - Dosen Polimedia, produksi dan bagikan 1000 pack pengawet alami berbahan nata de coco (Nata Gel) untuk makanan kemasan UMKM Saung Teleus Bogor. Acara pendampingan ini digelar oleh Tim Pengabdi dan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Polimedia (P3M). 
 
Senin 25/9 Tim Pengabdi Polimedia melaksanakan kegiatan pendampingan pada UMKM Kota Bogor Kelompok Saung Teleus. Pendampingan ini dilaksanakan dalam rangka pengabdian masyarakat  untuk mengaplikasikan nata de coco terpadatkan (Nata Gel) sebagai pengawet alami makanan kemasan pada produk UMKM. 1000 pack nata gel diproduksi untuk digunakan pada produk UMKM Saung teleus secara langsung dan menggantikan peran silica gel sebagai pengawet yang menjadikan makanan lebih tahan lama dan juga ramah lingkungan.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Arch Bogor dan dihadiri oleh anggota UMKM dan Tim Pengabdi, kepala P3M serta Direktur Polimedia. “Transfer teknologi ini merupakan perwujudan dari hilirisasi penelitian kami sebelumnya, dengan mitra yang sama, setelah diseminasi hasil penelitian kami memproduksi 1000 pack Nata Gel untuk digunakan langsung pada produk mereka” Jelas Septia Ardiani,M.Si, ketua Tim Pengabdi dalam wawancaranya.

Tidak hanya membagikan Nata Gel, Tim Pengabdi Polimedia juga memberikan pelatihan produksi konten dan memaksimalkan media sosial sebagai media promosi produk lokal berbahan pangan lokal.

“Kami berharap pendampingan dan tranfer teknologi ini menjadi produk inovasi yang lebih berdampak bagi masyarakat, dan sebagai lembaga pendidikan tinggi terus melakukan pengembangan dari hulu ke hilir” tutup Tipri Rose Kartika, Direktur Polimedia. 

Kegiatan ini adalah salah satu output dari program Matching Fund yang tahun ini Polimedia berkesempatan mendapatkan hibah sebanyak 4 Tim Peneliti dan Pengabdi pada program Matching Fund tahun 2023