Kemenhub-Sido Muncul Kolaborasi Modifikasi Fasum Terminal Leuwipanjang

MUS • Friday, 13 Oct 2023 - 06:35 WIB

Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk sepakat untuk memodifikasi fasilitas umum (Fasum) di Terminal Tipe A Leuwipanjang, Bandung.

Upaya kerja sama Kemenhub dan Sido Muncul ini dilakukan, sebagai upaya untuk membangun kondisi sosial ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Realisasi kerja sama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Momorandum of Understanding/MoU) oleh kedua belah pihak. Kerja sama ini berlangsung selama lima tahun dan dapat diperpanjang atau diakhiri atas persetujuan kedua belah pihak.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Amirulloh mengatakan rencananya akan ada banyak aktivitas di terminal yang tidak hanya untuk naik dan turun penumpang, tapi juga ada fungsi sosial, budaya, dan ekonomi.

Modifikasi fasilitas umum tersebut akan dilakukan di area pertokoan, perdagangan, kantin, dan fasilitas informasi yang akan digunakan oleh pedagang UMKM dengan desain yang telah disepakati bersama untuk melaksanakan branding sponsorship.

“Modifikasi fasilitas umum di Terminal Tipe A Leuwipanjang yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang ekonomi,” ujarnya, Kamis (12/10).

Di samping itu, Sido Muncul juga akan memfasilitasi wadah badan hukum koperasi kepada para pengusaha UMKM yang akan menempati kios, tenant dan/atau booth dalam mendukung branding sponsorship Sido Muncul.

“Kerja sama ini merupakan salah satu langkah penting dalam menghadapi tantangan dan peluang di sektor terminal angkutan penumpang yang saat ini bukan hanya diperuntukkan untuk naik dan turun penumpang saja,” ujar Amirulloh.

Dia pun berharap modifikasi fasilitas umum dan area komersial terminal tidak hanya di Kota Bandung.

“Kam juga berharap modifikasi fasilitas umum dan area komersial terminal tidak hanya di Kota Bandung. Harapannya, ini tidak akan berhenti di Kota Bandung, tapi ada keberlanjutan. Nanti tidak hanya di dalam, di atas terminal juga ada tulisan Sido Muncul,” tuturnya.

Sementara itu, Corporate Secretary & Legal PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Tiur Simamora menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat meningkatkan nilai terminal di kalangan masyarakat.

“Dengan mulainya kerja sama ini, kami berharap Sido Muncul bisa lebih mendorong kerja sama yang baik, sehingga dapat memperbaiki dan merenovasi prasarana terminal, sehingga dapat dipergunakan oleh masyarakat. Tentunya untuk mengangkat citra dari terminal. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,” ujarnya.

Setelah penandatanganan kesepakatan bersama dilakukan, akan ada tindak lanjut dengan membuat Perjanjian Hibah Barang dari Sido Muncul yang merupakan hasil modifikasi fasilitas umum di Terminal Penumpang Tipe A Leuwipanjang kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (APb)