Prabowo: Indonesia-Malaysia Aktifkan Kembali 14 Pos Perbatasan Pasca Covid-19

LAN • Thursday, 12 Oct 2023 - 16:37 WIB

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bersama Menhan Malaysia Dato’ Seri Utama Haji Mohamad Bin Haji Hasan menghadiri sidang ke-43 General Border Committee (GBC) Malaysia-Indonesia (Malindo) di Jakarta, Kamis (12/10).

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, tentara Indonesia dan Malaysia telah mengaktifkan kembali 14 pos bersama di wilayah perbatasan. Prabowo menyebut 14 pos perbatasan bersama itu sempat tutup imbas pandemi Covid-19.

"Kami berhasil mengaktifkan kembali pos perbatasan bersama antara Angkatan Bersenjata Malaysia dan Tentara Negara Indonesia (TNI) setelah penanggulangan pandemi Covid-19. Kita sudah hidupkan pos-pos perbatasan bersama yang tertutup karena Covid-19," kata Prabowo.

Dalam sidang tersebut, Menhan kedua negara membahas sejumlah agenda penting seperti laporan kemajuan bersama bidang operasi dan non-operasi.

Bidang operasi meliputi operasi darat, laut, udara, maritim, search and rescue serta kepolisian. Sedangkan bidang non operasi berupa pertukaran pelatih dan latihan bersama militer kedua negara untuk meningkatkan koordinasi yang lebih baik antara kedua negara.

Pertemuan GBC MALINDO ke-43 tahun ini, Pemerintah Indonesia dan Malaysia juga telah bersepakat untuk mengintensifkan mobilisasi patroli bersama dengan mekanisme koordinasi patroli antara Angkatan Bersenjata Malaysia (ATM) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Ini adalah salah satu capaian penting, Patroli bersama antara kedua negara.  Langkah ini kami lakukan guna memerangi kejahatan lintas batas yang mengancam keamanan dan stabilitas di kawasan," ungkap Prabowo.