FILM Jigsaw Kembali dalam SAW X

MUS • Wednesday, 11 Oct 2023 - 10:24 WIB

Genre: Horror, Thriller
Produser: James Wan, Mark Burg, Daniel J. Heffner, Ketura Kestin
Sutradara: Kevin Greutert
Pemeran: Tobin Bell, Shawnee Smith, Steven Brand
Durasi: Hampir 2 jam
Studio: Lionsgate
Mulai tayang eksklusif di Cinema XXI: 11 Oktober 2023

Tokoh John Kramer alias Jigsaw, yang diperankan pelakon senior Tobin Bell, kembali hadir di SAW X, franchise horor global paling mengerikan. Penonton diajak menjelejahi bagian kisah personalnya, dalam latar peristiwa antara Saw I dan Saw II.

Divonis memiliki kanker, John yang sakit dan putus asa, berangkat ke Meksiko untuk menjalani prosedur medis berisiko dan eksperimental. John berharap, mendapatkan operasi ajaib ajaib untuk penyakitnya.

John bertemu dengan mantan anggota support group, merinci prosedur eksperimental, dan diklaim telah melenyapkan kanker, sehingga membuatnya tetap sehat.

Dia diarahkan bertemu seorang spesialis, Dr. Finn Pederson, yang telah membuat pasien terbebas dari kanker. Penasaran, John menelusuri sampai ke putri Dr. Pederson, Cecilia yang melanjutkan pekerjaan ayahnya, di sebuah klinik dekat Mexico City, pedesaan terpencil tanpa listrik.

John terkesan dengan kehangatan dan empati Cecilia. Selain itu, dia menghargai metode pengobatannya, meski tidak sepenuhnya disetujui otoritas.

Tim Cecilia, terdiri dari Diego, yang mengantar John ke fasilitas terpencil; Gabriela, yang memastikan John merasa nyaman selama berada di kompleks; Mateo, ahli anestesi; seorang perawat, Valentina; dan Parker, pasien lain yang menjalani perawatan.

Operasinya berjalan sesuai rencana, dan John senang dengan jaminan Cecilia serta prognosis positifnya. Beberapa hari kemudian John kembali, untuk memberikan hadiah kepada Gabriela, yang telah membuatnya betah di sana.

Namun John hanya menemukan sebuah fasilitas yang kosong dan menyadari, dia telah ditipu, dirampok dengan sejumlah besar biaya, yang telah dia berikan untuk “prosedur” eksperimental tersebut.

Jadi, sekarang waktunya John mulai bekerja.  Berbekal tujuan baru, John kembali ke ciri khas yang sama jahatnya. Inilah momen kebangkitan kembali bagi mereka yang telah berbuat salah padanya dan banyak orang lainnya. Di dunia Jigsaw, setiap orang berhak mendapatkan kesempatan untuk menebus kesalahannya.

Dia membalikkan keadaan para penipu dengan cara tersendiri yang mendalam, melalui trap menakutkan.

Atau, seperti yang dikatakan John, dia membantu orang mengatasi hambatan batin mereka dan membuat perubahan positif dalam hidup mereka.

Aktor Tobin Bell menyebut SAW X sebagai ceritanya John Kramer. “Inilah jendela atas periode tertentu hidupnya, dan John akan membawa anda ke dalam periode tersebut," kata Tobin.

Pengalaman tersebut dimulai 20 tahun lalu, saat Tobin melihat John sebagai master planner, dan kreator trap untuk menganiaya orang lain.

“John telah menjadi insinyur sipil dan arsitek selama hampir 40 tahun, dan yang menurut saya sangat menarik adalah keahlian dalam bidang filsafat, sains, bahkan teologi. John adalah orang yang banyak membaca, cerdas, dan yang terpenting, berkomitmen… tidak seperti kebanyakan dari kita yang melihat sekeliling, mengeluh, dan tidak melakukan apa pun,” ungkap Tobin.

Sementara bagi sutradara Kevin Greutert, yang juga bagian penting dalam universe SAW, mengakui SAW X menjadi pengalaman 'mendalam secara emosional baginya'.

“Saya pikir penonton akan terkejut melihat, ini lebih dari sekedar kisah balas dendam, dan lebih dari sekedar pertumpahan darah. Ini adalah kisah tentang seorang pria yang muak dengan kebohongan yang disebarluaskan," jelas Kevin.

Meskipun kekerasan mengerikan yang akan dialami penonton, Kevin berharap, penonton meninggalkan bioskop dengan ketertarikan baru terhadap John Kramer, seorang pria yang memilih untuk bertindak, daripada hanya berdiri di pinggir lapangan kehidupan.

Penggemar Saw akan sangat terpuaskan dengan SAW X, maupun penonton dewasa, sekali lagi, penonton dewasa yang spesifik memiliki rasa penasaran dengan horor penuh darah dan kekerasan. SAW X eksklusif tayang di Cinema XXI.