Ulama dan Ribuan Santri Sambut Ganjar di Ciamis

MUS • Monday, 9 Oct 2023 - 17:14 WIB

Ciamis - Suasana gegap gempita terlihat saat Capres 2024 Ganjar Pranowo berkunjung ke sejumlah pondok pesantren di Ciamis Jawa Barat, Senin (9/10/2023). Para ulama, masyayikh, dan ribuan santri begitu antusias menyambut kedatangan suami Siti Atikoh itu.

Dua pondok pesantren besar didatangi Ganjar, yakni Ponpes Al Quran Cijantung dan Ponpes Darussalam Ciamis. Di dua pondok pesantren besar itu, Ganjar disambut dengan teriakan dan lautan massa yang ingin bersalaman dan berfoto dengannya.

"Pak Ganjar datang disambut luar biasa oleh para ulama dan santri. Luar biasa beliau ini. Pak Ganjar lihatlah sambutan santri, ini menyiratkan dukungan kami semua pada bapak," ucap pengasuh Ponpes Cijantung, Kiai O. Nur Muhammad menyambut kedatangan Ganjar.

Ganjar juga sempat berziarah ke makam Kiai Muhammad Siradj dan berdoa di sana, didampingi para ulama serta masyayikh. Para ulama itu antara lain, Pengasuh Ponpes Cijantung, Kiai O. Nur Muhammad, Kiai Asep Basirun, Kiai Oni Syaroni, Kiai Sirojudin Abbas dan kiai lainnya. Mereka mendoakan Ganjar sukses menjadi pemimpin masa depan.

"Semoga Pak Ganjar jadi Presiden dan membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju," tambah Kiai Nur Muhammad.

Cukup lama Ganjar berada di Ponpes Cijantung. Pada kesempatan itu berdiskusi dengan para ulama, masyayikh tentang masa depan Indonesia.

"Sosoknya ramah, nggak jaim dan merakyat sekali. Ide dan gagasannya juga cemerlang. Kami para ulama mendoakan semoga cita-cita pak Ganjar menjadi presiden terwujud. Dan ketika terpilih jadi presiden nanti, semoga pak Ganjar melanjutkan dan meningkatkan apa yang telah dicapai pemerintahan saat ini," ucapnya.

Sambutan luar biasa meriah juga terlihat ketika Ganjar berkunjung ke Ponpes Darussalam Ciamis. Di sana, ribuan santri berbaris di pinggir jalan untuk menyambut Ganjar.

"Selamat datang pak Ganjar. Seneng banget bisa ketemu bapak. Pak Ganjar, we love you," teriak para santri yang selalu berebut untuk berfoto dan bersalaman dengannya.

Ganjar yang disambut oleh Pengasuh Ponpes Darussalam, Prof Dr KH Fadlil Munawar Manshur langsung diminta memberikan motivasi pada ribuan santri.

"Pak Ganjar tokoh nasional yang sekarang jadi rising star. Beliau juga sukses menjadi Gubernur Jawa Tengah dua periode dan juga anggota DPR RI dua periode. Tentu banyak pengalaman dan ilmu yang bisa dijadikan motivasi para santri," ucap Kiai Fadlil.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengajak santri untuk terus belajar dan menyiapkan diri di tengah situasi dunia yang berubah sangat cepat. Ia meminta para santri untuk tetap menjaga kesehatan khususnya kesehatan mental. Sebab saat ini, banyak anak muda yang mengalami masalah kesehatan mental dan bahkan ada yang sampai pada taraf gangguan mental.

Ganjar juga meminta para santri untuk terus belajar dan mengembangkan kreativitas dan inovasi. Santri tidak boleh mager karena zaman berubah dengan cepatnya.

"Kita mesti menghadapi perubahan, dan siapapun termasuk santri harus siap. Ya mentalnya, pengetahuannya, keterampilannya dan manajerialnya. Mesti disiapkan dari sekarang," jelasnya.

Para santri mengaku senang bisa bertemu Ganjar secara langsung. Selain bisa bersalaman, mereka juga senang karena mendapat ilmu dan pengalaman dari mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

"Seneng banget, Pak Ganjar sangat memotivasi kami anak muda untuk siap menghadapi masa depan. Banyak ilmu dan pengalaman yang diberikan pak Ganjar untuk kita," kata Kayla (20), salah satu santri Darussalam.