Dubes Heri Dukung Penuh Tim Merah Putih dalam Kejuaraan Dunia Kempo di Tokyo

RED • Saturday, 7 Oct 2023 - 06:53 WIB

Tokyo - Kontingen Indonesia akan berpartisipasi pada Kejuaraan Dunia Shorinji Kempo, World Taikai yang digelar di Nippon Budokan, Tokyo, Jepang, pada 6 – 13 Oktober 2023. Dalam kejuaraan ini Indonesia mengirimkan 153 kenshi yang akan berlaga pada kejuaraan berskala internasional ini.

 
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi saat menerima Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PB PERKEMI) pada Jumat, 6 Oktober 2023 di KBRI Tokyo,  mendukung penuh Tim Kempo Indonesia memberikan hasil terbaik dalam kejuaraan dunia Shorinji Kempo.

“Kempo bukan hanya terkait olahraga bela diri saja, namun juga jembatan persahabatan Indonesia – Jepang. KBRI Tokyo senantiasa mendukung putra-putri terbaik bangsa berlaga di Jepang membawa nama harum Indonesia. Saya berharap Tim Indonesia bisa berlaga optimal dan mengharumkan merah putih,” tegas Dubes Heri yang didampingi Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami, Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie dan Diplomat Muda Mukti Romadona Setianto.

Ketua Umum PB PERKEMI Agus Setiadji mengapresiasi dukungan penuh dari Dubes Heri Akhmadi dan KBRI Tokyo dalam kejuaraan dunia Shorinji Kempo di Tokyo.

“Dari 39 negara yang ikut kejuaraan ini, kami mengirimkan 153 Kenshi yang akan berlaga di 19 cabang nomor pertandingan. Kami berharap dalam kejuaraan ini Indonesia mampu meraih urutan kedua Kempo dunia. Kami ingin tunjukkan kepada dunia bahwa Shorinji Kempo Indonesia mempunyai prestasi yang dibanggakan,” ujar Agus Setiadji. Ia menambahkan tiga orang dari Indonesia terpilih menjadi wasit di kejuaraan dunia yang diikuti 39 negara ini.

Sementara itu pendiri PB PERKEMI Indra Kartasasmita mengatakan, kempo adalah olahraga yang kental dengan budaya Indonesia – Jepang yang mengajarkan nilai-nilai kasih sayang dan persahabatan. 

World Shorinji Kempo Organization (WSKO) adalah organisasi yang didirikan di Jepang pada akhir 1960-an. Dari data PB PERKEMI, saat ini terdapat 195.000 kenshi Indonesia yang berlatih di 1670 dojo di 32 provinsi di tanah air.