Arti Bisikan Jokowi ke Ganjar di Rakernas PDIP, Emrus: Sinyal Dukungan yang Jelas

FAZ • Friday, 6 Oct 2023 - 21:14 WIB

Jakarta – Ada pernyataan menarik dari Presiden Joko Widodo, saat menghadiri Rakernas ke-IV PDIP di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023). Saat itu Jokowi mengaku sempat membisiki pesan penting kepada bakal calon presiden PDIP, Ganjar Pranowo.

"Tadi saya bisik-bisik ke beliau, pak nanti habis dilantik besoknya langsung masuk ke kedaulatan pangan, gak usah lama-lama perencanaannya. Disiapkan sekarang, begitu dilantik besok langsung kerja ke kedaulatan pangan," ungkap Jokowi.

Pengamat komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, menilai bisikan itu adalah sinyal jelas, Jokowi menginginkan Ganjar sebagai suksesornya.

’’Maknanya adalah Jokowi mendukung dan menginginkan Ganjar Pranowo menjadi Presiden mendatang,’’ kata Emrus dalam Trijaya Hot Topic petang, (6/10)

Dalam ilmu komunikasi, lanjut Emrus, bisikan adalah lambang non verbal yang menunjukkan kedekatan antar individu, baik secara sosiologis, psikologis, maupun antropologis.

’’Kalau dia (Jokowi) ada hambatan psikologis, hambatan budaya, dan hambatan sosiologis, tidak mungkin membisikkan dekat kuping. Ini menunjukkan bahwa Jokowi merasa dirinya sama dengan Ganjar,’’ jelas Emrus.

Isi bisikan Presiden mengenai ketahanan pangan yang sedang menjadi isu hangat global, juga makin menunjukkan kemana bandul politik Jokowi bergerak. Jokowi seolah memberi kepercayaan pada Ganjar untuk melanjutkan langkah strategis yang telah ia rintis, dalam upaya mencegah krisis pangan di Indonesia.

’’Apalagi ada kalimat ketiga, kalau sudah dilantik gaspol. Berarti peta kognisi Jokowi sudah terbayang bahwa Ganjarlah yang akan dilantik sebagai presiden. Kalau kita bicara psikologi komunikasi, kata-kata ini adalah pesan spontan yang mewakili perasaan Jokowi,’’ tambahnya.

Emrus tidak menampik, dalam beberapa kesempatan Jokowi juga pernah memberi sinyal dukungan bagi bacapres lain, khususnya Prabowo Subianto. Tapi ia menilai, endorsement itu disampaikan Jokowi semata-mata karena menghormati posisi Prabowo sebagai menterinya, bukan dilandasi rasa percaya penuh sebagaimana Jokowi terhadap Ganjar. 

’’Trust itu hanya pada Ganjar, kalau Prabowo tidak ada jaminan. Karena Prabowo masih menterinya Jokowi, sehingga ia akan melanjutkan program pemerintah. Tapi ketika sudah jadi Presiden maka dia pasti akan menjadi dirinya sendiri. Nah Ganjar tidak seperti itu, karena mereka satu partai, satu ideologi,’’ jelas Emrus.

Melihat kecenderungan ini, Emrus memprediksi, dukungan Jokowi terhadap Ganjar ke depan akan semakin konkret. ’’Ini tunggu waktu saja, Kaesang, Gibran dan Bobby juga akan memberikan dukungan bagi Ganjar,’’ tukas Emrus.