Peringatan HUT ke-78 TNI, Pj Gubernur Sumut Optimis TNI Semakin Profesional, Modern dan Tangguh

MUS • Thursday, 5 Oct 2023 - 19:14 WIB

Deliserdanng – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin optimis TNI akan semakin profesional, modern dan tangguh. Memasuki usia ke-78, TNI semakin matang dalam melindungi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini diungkapkan Pj Gubernur Sumut Hassanudin usai menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di Lapangan Astaka Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Pemerintah Provinsi Sumut, Jalan Williem Iskandar, Deliserdang, Kamis (5/10). 

“Tentu kita optimis, TNI akan semakin profesional, semakin modern dan tangguh, dan itu butuh dukungan seluruh pihak, termasuk masyarakat,” kata Hassanudin, yang hadir bersama Pj Ketua TP-PKK Sumut Dessy Hassanudin.

Selain itu, Hassanudin juga berharap TNI semakin solid dan memperkuat sinergitas dengan Polri, lembaga serta instansi lainnya, untuk menjaga keutuhan NKRI. Apalagi, saat ini tantangan saat ini menurutnya semakin kompleks dan dinamis.

“Sinergitas lintas sektor sangat penting saat ini, karena tantangan yang kita hadapi semakin kompleks dan dinamis, butuh kerja sama yang baik untuk menghadapinya,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan mengatakan, salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah Pemilu dan Pilkada. Menurutnya, TNI harus peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa, karena selain pemilihan presiden dan wakilnya, juga dilangsungkan Pilkada di 548 daerah.

“TNI juga berkomitmen menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung aman, damai dan sejuk,” kata Mochammad Hasan sebagai Inspektur Upacara saat membacakan pidato Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Dia juga meminta agar HUT ke-78 TNI menjadi bahan untuk introspeksi diri, berbenah untuk mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh. “Momentum HUT ke-78 TNI harus kita jadikan bahan introspeksi untuk berbenah,” kata Mochammad Hasan.

Upacara ini berlangsung khidmat dan diikuti berbagai instansi termasuk Polri, PNS dan tenaga kesehatan. Usai upacara, dilanjutkan dengan kegiatan syukuran melalui pemotongan tumpeng yang diberikan kepada prajurit TNI termuda Sumut. Berbagai pertunjukan juga dilakukan seperti tarian daerah-daerah di Indonesia, pameran Alutsista, pertunjukan bela diri TNI, marching band dan lainnya.

Hadir pada Peringatan HUT ke-78 TNI ini Letnan Jenderal (Purn) Edy Rahmayadi yang merupakan Gubernur Sumut periode 2018-2023, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Kejati Sumut Idianto. Hadir juga tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, dan OPD terkait Pemprov Sumut.