The Exorcist: Believer, Saat Iblis Membuatmu Harus Memilih

ITK • Thursday, 5 Oct 2023 - 14:27 WIB
Universal Studios

Genre: Horror, Mystery
Sutradara: David Gordon Green
Pemain: Leslie Odom Jr., Ellen Burstyn, Ann Dowd, Lidya Jewett, Olivia O’Neill
Durasi: 121 menit
Produksi: Blumhouse Production, Rough House Picture
Distribusi: Universal Picture


Merayakan 50 tahun film horror fenomenal The Exorcist (1973), sekuel The Exorcist: Believer di tahun ini menandai kalau serial horror ini memiliki banyak penggemar yang tidak sabar menunggu aksi pengusiran roh jahat di tubuh manusia.

Di awal perilisan pada tahun 1973, The Exorcist menjadi film horror pertama yang masuk nominasi sebagai film terbaik Academy Award, mendapatkan 10 nominasi Oscar dan memenangkan kategori skenario terbaik serta tata suara terbaik. The Exorcist juga menjadi inspirasi banyak film horror lain dengan tema pengusiran setan di banyak negara.

The Exorcist: Believer bercerita tentang perjuangan orang tua untuk menyelamatkan anak-anak mereka yang dirasuki roh jahat. Victor Fielding (Leslie OdoM, Jr.) berusaha mati-matian untuk menyelamatkan anaknya Angela Fielding (Lidya Jewett). Ia bekerjasama dengan orang tua Katherine (Olivia O’Neill) untuk melakukan ritual pengusiran setan di tubuh kedua anak-anak tersebut.


Memiliki alur cerita yang sederhana, The Exorcist: Believer sangat nyaman untuk diikuti kisahnya. Penonton akan dibuat santai sembari makin penasaran menunggu ketegangan dan ketakutan apa yang akan dibawakan Sutradara dalam film berdurasi sekitar dua jam ini.

David Gordon Green selaku Sutradara memang tidak banyak menampilkan jumpscare dalam film, namun dengan visualisasi kesurupan yang dialami Angela dan Katherine, bagaimana dua anak ini mengalami kejang serta berwajah menakutkan layaknya iblis, film ini berhasil membawa jenis ketakutan baru selain jumpscare dalam sebuah film horror.

Selayaknya film dengan tema Exorcist (Pengusiran Roh/Hantu) di tubuh manusia, The Exorcist: Believer masih menampilkan bagaimana agama sangat berpengaruh untuk bisa membantu mengusir roh jahat. Dalam film ini, semua agama dan budaya disebut bisa melakukan ritual pengusiran, ini yang membuat The Exorcist: Believer menjadi spesial karena menyelipkan unsur pengetahuan secara general.

The Exorcist: Believer merupakan satu-satunya film yang memilih untuk menjadi kelanjutan langsung dari cerita asli. Mengambil ketegangan dan ketakutan yang sama di Tahun 1973 yang kemudian diperbaharui di Tahun 2023, dengan menambahkan banyak inovasi menarik termasuk penggambaran birokrasi dalam beragama yang ternyata menjadi penghalang dalam film. David selaku Sutradara berhasil mengambil elemen-elemen ikonik dalam film lama dan menyatukannya dengan cerita baru yang segar hingga menghasilkan pengalaman mencekam sekaligus menghibur saat menonton.

Seperti judulnya, The Exorcist: Believer membuat penonton ikut percaya, bahwa memilih bukan berarti sebuah jawaban. Apalagi jika pilihan itu datang dari Iblis. The Exorcist: Believer sudah tayang di seluruh XXI tanah air. Pendengar Trijaya sudah bisa menyaksikan petualangan pengusiran roh jahat sekarang juga! (AYN)