Ada Sophia Latjuba di Video Musik Band Indie?

FAZ • Thursday, 5 Oct 2023 - 08:33 WIB

Jakarta - Weekend By Evidence (“WBE”), band pengusung genre musik 90s rock-alternative terbaik dari Jakarta, kembali meluncurkan lagu dan video musik terbaru pada 30 September 2023. Videoklip ini adalah visualisasi rilisan kelima mereka bertajuk DSPTCH!, yang telah hadir di semua platform musik digital sejak Agustus 2023. Single DSPTCH! sekaligus menandai hadirnya album perdana WBE yang berjudul Wanderlust; bersamaan dengan lagu-lagu lain yaitu Queen of Marrakech, Guiding Light, dan Aftermath dalam versi akustik.

“Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena kami bisa kembali merilis video musik. Lagu DSPTCH! kami dedikasikan bagi para pejuang cinta yang mungkin masih atau sering gagal dalam urusan romansa. Tetap tegar dan jangan patah semangat, kawan!” buka Rey Masli, co-founder dan bassist WBE dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Penulisan lagu DSPTCH! terinspirasi dari kegiatan binge-watching tayangan bertema detektif.

“Setelah beberapa season, saya jadi bertanya-tanya dalam hati: apa jadinya kalau ada sebuah satgas yang khusus menangani perkara patah hati? Gimana kalau ada layanan emergensi bagi para pemuda-pemudi yang kandas cintanya?” ujar Dean Benitez, vokalis sekaligus penulis lagu WBE.

“Video terbaru kami kali ini menghadirkan elemen-elemen khas dekade 90-an tentang sebuah trio satgas patah hati. Konsepnya dikemas ala genre drama komedi dengan acuan beberapa video karya Foo Fighters dan Beastie Boys,” imbuh  Kelana Halim, gitaris WBE.

Lalu, mengapa bisa ada sosok Sophia Latjuba dalam video musik WBE? “Saya yakin banget, di era 90-an pasti banyak pria di Indonesia –atau bahkan dunia– yang dibuat jatuh hati oleh Sophia Latjuba, tapi tidak semua bisa memiliki cintanya. Semua pria Indonesia dengan masa remaja di dekade 90-an pasti pernah patah hati deh sama Sophia Latjuba. Kami menghadirkan premis ini dengan sentilan khas buat netizen masa kini: banyak orang penasaran sama kehidupan pribadi orang lain, tapi sedikit yang bener-bener peduli sama ‘korban’ patah hati,” pungkas Dean.

Menutup 2023, Weekend By Evidence hadir dengan kekuatan penuh album perdana Wanderlust. WBE adalah Dean Benitez (founder, vokal, gitar), Rey Masli (co-founder, bass, vokal latar), serta Kelana Halim (gitar utama, arsitek suara). Nama band ini adalah refleksi sikap mental akhir pekan yang penuh energi positif dan dinamika untuk menikmati hidup. Keep your #weekendvibes groovy!