Habib Aboe Puji Generasi Milenial Makin Gandrungi Batik

MUS • Tuesday, 3 Oct 2023 - 13:32 WIB

Jakarta - Anggota DPR RI yang juga Sekjen Partai keadilan Sejahtera (PKS) Aboebakar Al-Habsyi menyatakan bahwa batik adalah salah satu identitas nasional yang khas.

“Memakai pakaian batik, semakin memperkuat identitas dan menjadi kebanggaan bangsa,” demikian disampaikan Habib Aboe dalam kesempatan Rapat Pleno DPP PKS di Kantor DPTP PKS (02/10).

Sebagai anak bangsa, imbuh pria yang akrab disapa Habib Aboe ini, sebagai anak bangsa sudah seharusnya melestarikan batik sebagai karya asli bangsa Indonesia.

“Batik bukan sekedar asal buat, namun menggabungkan aspek cipta, rasa dan karsa para leluhur kita. Penuh dengan filosofi yang luhur,” kata Anggota Komisi III DPR RI tersebut.

Apalagi, katanya, batik sudah ditetapkan sebagai world heritage (warisan dunia) oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada 2 Oktober 2009.

“Karena itu setiap anak bangsa harus menunjukkan kebanggaannya atas batik didepan bangsa-bangsa internasional,” kata Habib Aboe.

Untuk diketahui jumlah motif batik di Indonesia yang tersebar dari Aceh hingga Papua berjumlah 5.849 motif batik pada 2015 menurut penelitian Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya.

Habib Aboe juga menyatakan bahwa banyaknya jumlah motif batik itu menunjukkan kreatifitas dan ketertarikan anak bangsa terkait batik semakin berkembang.

“Saya juga melihat para generasi milenial juga sangat apresiatif terhadap batik nasional. Ini sesuatu yang sangat menggembirakan,” papar Habib Aboe Bakar.