Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi: Jangan Takut Belajar Hal Baru

MUS • Monday, 2 Oct 2023 - 12:13 WIB

Jakarta - Presiden Jokowi telah meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Whoosh di Stasiun Halim, hari ini Senin (2/10/2023). Kereta Cepat kerja sama Indonesia dan China itu akhirnya diresmikan usai tujuh tahun lamanya sejak pengerjaan konstruksi pertama dimulai.

Jokowi menyatakan bahwa, KCJB menjadi kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. KCJB memiliki kecepatan 350 km per jam dan diberi nama Whoosh.

"Kereta cepat Jakarta Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara. Dengan kecepatan 350 km per jam," ujar Jokowi.

Rampungnya proyek Whoosh menjadi bukti bahwa ketidaktakutan untuk belajar hal baru akan menghasilkan sesuatu yang tidak terduga.

"Kereta cepat juga hal baru bagi kita. Baru teknologinya, baru kecepatannya dan juga konstruksinya, baru juga model pembiayaannya, semuanya serba baru dan kita tidak boleh takut belajar dan mencoba hal-hal yang baru dan dalam proses itu bisa muncul hal-hal yang tidak terduga," kata Presiden Jokowi saat meresmikan kereta cepat di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Jokowi menjelaskan kesulitan-kesulitan serta masalah yang dihadapi di lapangan dalam pembangunan kereta cepat merupakan sebuah pengalaman mahal.

Namun, pengalaman tersebut sangat berharga. Ia juga menekankan bahwa tidak perlu ada ketakutan karena konsistensi yang dipegang akan meminimalisasi kesalahan.

"Karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan semakin sedikit, biaya kesalahan juga akan semakin menurun dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek, lama kelamaan juga akan semakin rendah," kata Kepala Negara.