Sekolah Baterai Pertama di Indonesia, Kini Hadir Kembali Untuk Kedua Kalinya di Tahun ini

ANP • Thursday, 28 Sep 2023 - 19:23 WIB

Bogor - National Battery Research Institute (NBRI) telah sukses menyelenggarakan International Battery School (IBS) pada 26-27 September 2023, yang berlokasi di ILSC Building, Gunung Sindur, Bogor. Dengan bertemakan “Understanding Battery for 2W - EV, It’s Performance, Safety and Standarization” yang mengulas proses pembuatan, perakitan, uji kelayakan, sampai dengan standarisasi baterai, khusus nya untuk kendaraan roda dua, di Indonesia. 

Acara yang di selenggarakan selama dua hari tersebut, bertujuan dapat menjadi acuan serta mengedukasi masyarakat Indonesia, khusus nya dari Industri, akademisi, maupun praktisi. Hari pertama, kelas di bimbing langsung oleh founder dari NBRI, Prof. rer.nat Evvy Kartini, yang memaparkan penjelasan mengenai Baterai Litium dan pengetahuan mengenai Battery Pack yang di gunakan di kendaraan llistrik roda dua. Kemudian di hari yang sama, para peserta langsung di  hadapkan dengan praktik pembuatan Battery Pack, juga praktik pengujian performa baterai, di laboratorium NBRI.

Di hari ke dua, IBS turut mengikut sertakan para pemangku kebijakan, yang memiliki kapabilitas juga ahli, di bidang baterai untuk roda dua, Seperti Hyundai Kofico, raksasa produsen kendaraan listrik asal Korea Selatan, yang di wakilkan oleh Ir. Yoga Mugiyo Pratama, ST., IPP. dan Sihyeon kim, yang memaparkan bagaimana standarisasi baterai di korea selatan.

Dari EMS Technology Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam penyediaan alat teknik dan konsultasi serta solusi pengujian, di wakilkan oleh Ricky Hendra Wijaya, memberikan pemaparan mengenai baterai testing, juga mendemonstrasikan cara kerja alat testing untuk baterai, kepada peserta IBS. Juga turut menghadirkan Badan Stansarisasi Nasional,  lembaga pemerintah non kementrian yang bertugas membina, mengembangkan serta mengkoordinasikan kegiatan di bidang standardisasi secara nasional, yang dieakilkan Fandi Yogiswara, memaparkan sudah sejauh mana perkembangan untuk mengkaji standarisasi baterai roda dua di Indonesia. 

Peserta sangat antusias dengan materi-materi dan praktik yang di dapatkan, karena ini pun merupakan hal yang baru di Indonesia, dimana ada kelas khusus untuk pengetahuan tentang baterai, mereka yang hadir umum nya ber asal dari Industri seperti, produsen sepeda motor listrik seperti PT. Electra Mobilitas Indonesia (ALVA), dari lembaga pengujian hadir Sucofindo, Tuv Nord. Ada pula dari akademisi seperti Institut Teknologi Semarang dan Universitas Jendral Soedirman, dan masih banyak lagi.