Sido Muncul Gandeng BPJS Kesehatan Beri Layanan Langsung Pada Karyawan Pabrik

MUS • Wednesday, 27 Sep 2023 - 13:52 WIB

Ungaran – PT Industri Jamu dan  Farmasi Sido Muncul menggandeng BPJS Kesehatan Cabang Ungaran untuk memberikan pelayanan melalui BPJS Keliling, sebagai upaya untuk memberikan kemudahan aksesibilatas layanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi para peserta karyawan pabrik.

Human Resource Departement (HRD) PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Yuni Wariyanti mengatakan dengan adanya BPJS Kesehatan Cabang Ungaran yang telah menjadwalkan pelayanan BPJS Keliling di lingkungan pabrik lebih memudahkan para peserta.

Menurutnya, pihaknya sebelumnya telah memberikan pengumuman kepada karyawan dari seluruh divisi Pabrik Sido Muncul bahwa akan digelar pelayanan BPJS Keliling, Kamis (21/9) lalu, agar para karyawan yang ingin memanfaatkan pelayanan BPJS Keliling dapat mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

“Kami dari tim HRD melakukan penjadwalan untuk karyawan dari seluruh divisi agar tidak terjadi antrean dan menyesuaikan dengan jam istirahat mereka. Hal ini kami lakukan agar mereka dapat memaksimalkan pelayanan yang ada pada BPJS Keliling saat di lingkungan Prabik Sido Muncul,” ujar Yuni.

Sementara salah satu karyawan Sido Muncul yang memanfaatkan pelayanan BPJS Keliling, Rizki Yogi Novia menuturkan, merasa terbantu dengan adanya pelayanan BPJS Keliling di lingkungan pabrik. Dia sudah beberapa kali merencanakan untuk mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ungaran untuk melakukan perubahan data, namun terkendala dengan waktu.

“Terimakasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Ungaran yang telah memberikan pelayanan BPJS Kesehatan di Pabrik Sido Muncul. Dengan adanya pelayanan BPJS Keliling kami sangat merasa terbantu untuk mengurus administrasi program JKN ini,” tutur Rizki.

Selain melakukan perubahan data kepesertaan, Rizki menambahkan, dia juga diberikan edukasi terkait Aplikasi Mobile JKN dan pelayanan administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) di nomor 08118165165.

Menurutnya, dengan adanya edukasi tersebut, dia tidak perlu bingung dan sulit apabila sewaktu-waktu harus melakukan perubahan data.

Sebagai karyawan Sido Muncul, Rizki juga bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN. Meskipun sampai saat ini belum pernah memanfaatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang terdaftar.

Rizki menambahkan, dengan terdaftar sebagai peserta JKN, dia merasa terlindungi kesehatannya.

“Saya berharap BPJS Kesehatan bisa terus hadir di tengah-tengah kami dan dapat memberikan pelayanan kesehatan melalui program JKN. Program ini sangat penting untuk seluruh masyarakat, karena program JKN begitu banyak manfaatnya terutama untuk karyawan di pabrik seperti saya ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran Abdul Azis menuturkan, pihaknya bersama tim telah melakukan penjadwalan pelayanan BPJS Keliling di berbagai titik wilayah, baik di kantor desa maupun di badan usaha yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, termasuk di Pabrik Sido Muncul.

“Dengan adanya pelayanan BPJS Keliling di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, kami berharap para karyawan dapat memanfaatkannya, mengingat selama ini mereka mungkin terkendala dengan waktu apabila ingin mengurus administrasi terkait program JKN,” tutur Azis.

Beberapa pelayanan yang dapat diakses oleh para karyawan Sido Muncul yang merupakan peserta JKN pada BPJS Keliling yaitu, registrasi Aplikasi Mobile JKN, perubahan data peserta, perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), informasi dan penanganan pengaduan, serta mutasi tambah atau kurang anggota keluarga. (APb)