Pendeta Binsar Jonathan Pakpahan: Guru Besar Teologi Termuda di Indonesia 

RED • Tuesday, 26 Sep 2023 - 22:36 WIB

Jakarta - Gelar Guru Besar merupakan jenjang karir tertinggi dalam dunia akademik. Mencapai gelar tersebut tentu tidak mudah terlebih di usia muda. Prof. Binsar Jonathan Pakpahan, Ph.D. membuktikan mencapai gelar guru besar di usia muda tidaklah mustahil, yakni di usia 42 tahun dan 10 bulan. 

Ia tidak hanya menjadi yang termuda dalam sejarah Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta (STFT Jakarta) tetapi juga dalam sejarah dunia teologi di Indonesia.

STFT Jakarta sepanjang perjalanannya senantiasa melahirkan teolog-teolog terbaik dan Prof. Pakpahan menjadi salah satunya. STFT Jakarta merupakan sekolah tinggi teologi ekumenis tertua di Indonesia. 

Sebagai kampus ekumenis, STFT Jakarta didukung oleh gereja-gereja di Indonesia dan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). Tradisi pembelajaran yang kuat, spiritualitas yang transformatif, dan komunitas yang kreatif menjadi karakter dari STFT Jakarta untuk terus berdiri di barisan depan pendidikan teologi di Indonesia.

Pdt. Binsar Jonathan Pakpahan, akan menyampaikan orasi ilmiah pengukuhannya pada Rabu, 27 September 2023, di Aula STFT Jakarta. Acara pengukuhan Guru Besar akan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube STFT Jakarta, dengan link sebagai berikut: https://youtube.com/live/rbR2h8q0T5s?feature=share

Tema dari orasi yang akan disampaikan dalam pengukuhan Pdt. Pakpahan adalah “Berteologi Dari Hati: Cara Teologi Menyikapi Perkembangan Artificial Intelligence.”

Dalam orasinya, Prof. Pakpahan membahas perkembangan Artificial Intelligence yang sebenarnya sudah lama digunakan dalam kebutuhan sehari-hari seperti Google Maps, musik, film, dengan mengandalkan algoritma. 

Sebagai mesin logis, perbedaan utama AI dan manusia adalah lompatan pemikiran yang dimiliki manusia dengan hati yang mengalami perjumpaan dengan kasih Yang Mahakuasa. Dengan hati, seseorang bisa memilih untuk mengampuni, memiliki harapan, dan mencintai, ketiganya bisa jadi tidak logis namun mampu membuat dunia jadi lebih baik lagi. 

Terdapat dua kesimpulan, pertama AI tidak bisa mengganti manusia karena manusia memiliki kebebasan untuk memilih apa yang tidak ditetapkan penciptanya, AI hanya menjelaskan teologi tapi tidak bisa melakukan lompatan dalam teologi. 

Kedua, tanpa regulasi yang baik, AI digunakan oleh korporasi yang memiliki kemampuan dan motivasi ekonomi, sehingga algoritma keuntungan menjadi utama, yang pada akhirnya akan menimbulkan bias, kesenjangan, dan diskriminasi. 

Di poin kedua ini Prof. Pakpahan menekankan pentingnya akademisi dan institusi religi untuk menyuarakan penjagaan moral, dan tidak menyerahkannya kepada algoritma AI.

Pdt. Prof. Binsar Jonathan Pakpahan, Ph.D. lahir di Medan, 12 Oktober 1980. Beliau adalah putra dari pasangan Prof. Dr. Muchtar Pakpahan dan Rosintan Marpaung.

Ayahnya adalah seorang pejuang buruh Indonesia. Prof. Pakpahan menikah dengan Dorta N. O. Pardede, dan dikaruniai dua orang anak laki-laki bernama Reinhold Fransiscus Pakpahan dan Friedrich Immanuel Naburju Pakpahan.

Ia adalah seorang pendeta (sejak 2008) asal Sinode Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang diutus sebagai dosen tetap di STFT Jakarta sejak tahun 2012.

Di STFT Jakarta, Prof. Pakpahan mengampu bidang studi Teologi Publik, Filsafat, dan Etika. Saat ini, ia mengabdi sebagai Wakil Ketua IV Bidang Relasi Publik STFT Jakarta. 

Prof. Pakpahan meraih gelar Sarjana Sains Teologi dari STFT Jakarta pada tahun 2003. Kemudian, ia melanjutkan studi magister-nya di Vrije Universiteit Amsterdam dan meraih gelar Master of Arts dalam bidang Teologi pada tahun 2005. Gelar doktoral-nya juga didapatkan dari Vrije Universiteit Amsterdam pada tahun 2011.

Saat ini, Prof. Pakpahan juga mengabdi sebagai Ketua Komite Gereja dan Masyarakat HKBP (2020-2024), Ketua Komisi Teologi PGI (2019-2024), Sekretaris Implementing Unit Ditjen Bimas Kristen (sejak 2022), Anggota Tim Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Ditjen Bimas Kristen, Anggota Penasihat Forum Guru Pendidikan Agama Kristen (2021-sekarang), Anggota badan Pendiri KSPPM (sejak 2023), anggota Tim Editor Jurnal Pelayanan Kaum Muda STT Amanat Agung (sejak 2022), Anggota Dewan Kehormatan Daerah Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) (2022-2025), dan Ketua Tim Seleksi Calon Pemohon Beasiswa HKBP kepada LPDP (sejak 2023).

Tidak hanya aktif di Indonesia, Ia juga berkontribusi dalam kancah internasional dengan menjabat sebagai Sekretaris di United Evangelical Mission Jakarta Regional Communication Forum; Associate Researcher, Institut für ökumenische Theologie - Westfälische Wilhelms-Universität Münster (WWU); Anggota di European Academy of Religion; Anggota LWF Theological Education and Formation Steering Committee; Anggota Board of Trustees, Association for Theological Education in South East Asia; dan International Advisory Board PThU Research Group.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 44684/M/07/2023 tentang kenaikan jabatan akademik dosen, menetapkan Binsar Jonathan Pakpahan, S.Si (Teol)., M.A., Ph.D menjadi Profesor dalam bidang ilmu Filsafat dan Etika dengan angka kredit sebesar 865,50. 

Penetapan ini terhitung mulai tanggal 1 Juni 2023. Dengan ketetapan ini, secara resmi ia menjadi Guru Besar Teologi termuda di Indonesia. Pencapaian sebagai Guru Besar menambah rentetan prestasi Prof. Pakpahan. Ia sebelumnya telah ditetapkan sebagai ketua terpilih STFT Jakarta dan akan dilantik pada hari Sabtu, 30 September 2023.