Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Khofifah: Misi Bangkitnya Ekonomi, Sosial Budaya dan Pariwisata Jatim

MUS • Monday, 25 Sep 2023 - 12:11 WIB

Surabaya  - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya sebagai rangkaian dimulainya HUT Pemprov Jatim ke-78 di Gedung Negara Grahadi. Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini akan dikirab keliling ke 38 Kabupaten Kota dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim.

Khofifah berharap Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini turut membawa misi kebangkitan ekonomi, kebangkitan sosial, kebangkitan budaya, dan kebangkitan pariwisata Jawa Timur.

"Kali ini titik pertama ke Bangkalan, salam hormat kami dari Pemprov Jawa Timur untuk masyarakat dan seluruh jajaran Pemkab Bangkalan, dan begitu seterusnya di seluruh Kabupaten Kota yang dilewati," kata Khofifah dalam sambutannya.

Khofifah berpesan agar di setiap Kabupaten Kota yang disinggahi Pataka Jer Basuki Mawa Beya ada tim yang bertandang untuk melakukan dialog dengan masyarakat sekitar. 

"Sesungguhnya rangkaiannya luar biasa, ada misi bagaimana pariwisata kita bangkit, ada misi bagaimana bersama-sama kita memberantas narkoba, ada misi bersama-sama kita memberantas rokok ilegal, dan seterusnya," pesannya.

Oleh sebab itu dirinya meminta sinergi dan kolaborasi yang dibangun oleh semua pihak dengan berbagai instansi. Sehingga mampu memberikan pemahaman bagi masyarakat luas dan anak-anak muda di Jawa Timur terkait berbagai hal.

"Bagaimana bahaya narkoba, mengenali lebih dalam bagaimana mereka menjaga daya dukung alam dan lingkungan kita, mengenali lebih dalam bagaimana dampak kemarau panjang elnino," jelasnya.

"Karena kita harus bersiap siaga dengan menyiapkan stok pangan yang cukup, dan kita bersiap siaga untuk bisa menyiapkan irigasi teknis di sektor pertanian kita supaya  produksi pangan kita tidak mengalami defisit," pungkas Khofifah. (Her)