Polimedia Gelar Senpedia Perkuat Pengabdian Kepada Masyarakat

ANP • Wednesday, 20 Sep 2023 - 15:30 WIB

Depok - Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) untuk kedua kalinya menggelar Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senpedia) 2023 di Depok, Jawa Barat. Seminar yang terbuka secara umum menampilkan beragam hasil pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa. Bertemakan "Membangkitkan Industri Kreatif melalui Pemberdayaan Masyarakat untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi", Senpedia 2023 ini diharapkan dapat memberikan keberlanjutan dunia akademis yang bermanfaat di masyarakat.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kiki Yuliati menekankan pentingnya nilai-nilai yang perlu diterapkan para akademisi di pendidikan vokasi sesuai filosofi Ki Hajar Dewantara, yaitu nilai pendidikan, nilai ekonomi, dan nilai sosial. Menurutnya, kegiatan Senpedia 2023 merupakan integrasi dari ketiga nilai tersebut untuk meningkatkan performa perguruan tinggi yang akan berdampak langsung kepada mahasiswa dan masyarakat.
 
“Institusi Pendidikan Tinggi punya mandat untuk menghasilkan generating knowledge. Pengetahuan harus selalu diperbarui sesuai zamannya. Ini akan menghasilkan pengetahuan dari hasil pengabdian, karena pendidikan harus hidup dan dekat dengan kehidupan masyarakat,” ujar Kiki saat membuka acara Senpedia 2023. 

Melalui 2023, Kiki mendorong seluruh peserta menjadi pemecah masalah dan menelisik kembali pola berpikir untuk memupuk keberanian agar lebih kreatif dan keluar dari zona aman. 

Sementara itu, Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika mengatakan riset dan pengabdian masyarakat menjadi peran penting dalam menjalankan Tridharma. Senpedia 2023 menjadi wadah pertemuan para penggerak kreativitas baik secara luring dan daring. Melalui kegiatan ini diharapkan para akademisi bisa berkolaborasi dengan pemerintah pusat ataupun daerah agar dapat memberikan solusi untuk masyarakat.

Direktur Polimedia menambahkan, Polimedia sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang berorientasi pada industri kreatif dan memberikan peluang terbuka untuk melaksanakan riset gabungan dan pengabdian masyarakat. 

“Kami berharap dengan adanya pengabdian masyarakat bisa memberikan dampak yang sangat signifikan untuk menambah ilmu pengetahuan, keterampilan, wawasan secara umum untuk mencapai Indonesia Emas tahun 2045,” tukasnya.

Senpedia 2023 merupakan forum ilmiah untuk memfasilitasi upaya membangun kultur akademik dosen, peneliti, dan industri dalam menyebarluaskan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh 62 peserta dari 19 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Senpedia 2023 hadir dengan empat sub tema, yakni Ekonomi Kreatif, Teknologi, Seni dan Budaya, serta Sosial dan Pendidikan.