Fakultas Vokasi UKI bersama Dukcapil Berikan Layanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

MUS • Tuesday, 19 Sep 2023 - 19:04 WIB

Jakarta - Universitas Kristen Indonesia (UKI) berpartisipasi dalam program Dukcapil Goes to Campus yang merupakan program Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang memberikan pelayanan pembuatan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Fakultas Vokasi UKI bersama Dukcapil Berikan Layanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) / KTP digital, yang berlangsung di Auditorium Graha William Soeryadjaya UKI Cawang, dari tanggal 19 – 21 September 2023. 

Masyarakat sekitar UKI dan seluruh sivitas akademika dapat datang langsung ke UKI dengan mempersiapkan smartphone, alamat email yang aktif, nomor handphone yang aktif dan menyebutkan nomor NIK e-KTP.

Wakil Rektor UKI bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Ied Veda Rimrosa Sitepu, menyambut baik pelayanan kerja sama yang baik untuk registrasi Identitas Kependudukan Digital yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil dengan datang ke UKI secara langsung.

“Institusi perguruan tinggi merupakan bagian dari masyarakat yang terpelajar sehingga sosialisasi program pemerintah  melalui perguruan tinggi akan lebih cepat tersampaikan kepada masyarakat, sebab mereka bagian dari keluarga dan lingkungan. Penggunaan KTP digital banyak digunakan generasi Z sehingga tepat jika pelaksanaannya masuk ke SMA dan Perguruan Tinggi, maka program ini cepat tersosialisasi,” ujar Ied Veda Sitepu.

Ied Veda Sitepu juga menyampaikan pentingnya sivitas akademika perguruan tinggi harus bertumbuh dengan masyarakat sekitar. “Jadi apapun kegiatan di perguruan tinggi ditujukan untuk membantu masyarakat sekitar,”tambahnya.

Dekan Fakultas Vokasi UKI, Dr. Maksimus Bisa Ladopurab, SKM., SSt.Ft., M.Fis menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini merupakan rangkaian Dies Natalis UKI ke 70 dan Dies Natalis Fakultas Vokasi UKI ke 5, dengan bekerja sama dengan mitra termasuk dukcapil. “Kami membantu program pemerintah agar percepatan sistem digitalisasi Indonesia dengan memiliki data komprehensif,”katanya.

“Bagi Fakultas Vokasi UKI, hal ini merupakan pembelajaran bagi peserta didik dalam hal ini mahasiswa, sehingga menjadi corong promosi ke masyarakat dan keluarga mereka. Diharapkan melalui kegiatan ini membuat informasi Aktivasi Identitas Kependudukan Digital, menjadi lebih menarik bagi masyarakat,” jelas Maksimus Bisa Lado Purab. 

Sebagai informasi tambahan, pemerintah melalui Disdukcapil Kemendagri terus mendorong masyarakat menggunakan IKD. Proses peralihan dari KTP elektronik (e-KTP) ke KTP digital akan dilakukan secara bertahap.

Selain karena saat ini adalah era digital, IKD juga memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya alasan kepraktisan dan paperless. IKD memungkinkan warga untuk mengakses identitas mereka, seperti KK, akta kelahiran, hingga KTP melalui aplikasi di ponsel, dan menghilangkan kebutuhan untuk membawa berkas fisik.

Untuk bisa mendapatkan IKD,  penduduk yang akan membuat KTP digital wajib terlebih dulu mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui Google Play Store.