Ajak Ekosistem Bisnis Media Siber Berbenah, Ini Susunan Pengurus AMSI 2023-2027

FAZ • Monday, 18 Sep 2023 - 19:14 WIB

Jakarta - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi merilis susunan pengurus untuk periode 2023-2027. Hal ini ditetapkan melalui SK Pengurus Nasional AMSI Nomor: 127/SK-AMSI/IX/2023.

Selain itu, AMSI juga mengajak semua pihak untuk membentuk ekosistem bisnis media siber agar menjadi lebih baik. Ini karena masa depan bisnis media siber di Tanah Air, tepatnya sekitar 5 sampai 10 tahun mendatang, akan bergantung pada perbaikan ekosistem informasi digital sekarang ini.

Ajakan itu disampaikan oleh Wahyu Dhyatmika, Ketua Umum AMSI, saat mengumumkan susunan pengurus nasional AMSI periode 2023-2027, dan akan aktif bertugas mulai 18 September 2023.

Wahyu mengatakan bahwa potensi pasar pembaca media online di Indonesia diprediksi akan terus mengalami kenaikan. Terlebih pertumbuhan pengguna internet setiap tahun akan mengalami peningkatan sekitar 10 persen di Indonesia. Ditambah pertumbuhan bisnis periklanan yang makin bersahabat dengan industri media siber.

Maka dari itu, lanjut Wahyu, dibutuhkan langkah-langkah yang konkret agar penerbit media siber mendapat bagian proporsional dari makin besarnya kue bisnis digital di Tanah Air.

"Langkah konkret yang dimaksud, antara lain menjaga kesinambungan bisnis media digital agar senantiasa sehat dan berkelanjutan, dan mengawal konten informasi yang diterbitkan media digital agar senantiasa relevan dalam hal isi dan formatnya bagi publik," jelas Wahyu dalam rpernyataannya, Senin (18/9/2023).

Susunan pengurus nasional AMSI akhirnya disepakati, sesuai dengan pemahaman bersama mengenai apa saja yang urgen untuk dilaksanakan sebagai program kerja AMSI dalam rangka memperbaiki ekosistem bisnis media digital.

“Hari ini, berdasarkan diskusi panjang dengan tim formatur, saya dan sekjen AMSI telah menyepakati susunan pengurus AMSI untuk masa tugas empat tahun ke depan,” kata Wahyu yang juga menjabat sebagai CEO Tempo Digital.

Wahyu meyakini dengan terbentuknya pengurus nasional AMSI hari ini, maka pihaknya siap bekerja sepenuh tenaga untuk membantu media anggota yang kini berjumlah 456 media di 27 wilayah Indonesia. Salah satu tujuannya agar bisa menjawab tantangan bisnis, serta memperbaiki ekosistem media digital di Indonesia.

Sementara itu, Sekjen AMSI, Maryadi mengatakan bahwa dengan dibentuknya kepengurusan baru ini, AMSI semakin meneguhkan posisinya sebagai asosiasi perusahaan media yang fokus membangun ekosistem bisnis media agar memiliki konten berkualitas, diiringi dengan bisnis yang sehat.

“Kami mengundang banyak tokoh dan aktivis media digital dari berbagai latar belakang penerbit pers, untuk memperkuat kepengurusan AMSI. Kami meyakini kepengurusan yang baru ini akan lebih agile dan adaptif, dalam menyikapi perkembangan bisnis dan teknologi di media,” ujar Maryadi yang juga Direktur Bisnis dan Digital Katadata.

Berikut ini susunan pengurus AMSI Periode 2023-2027:

Ketua Umum: Wahyu Dhyatmika (Tempo.co)
Wakil Ketua Umum: Suwarjono (Suara.com), Citra Dyah Prastuti (KBR.id), dan Upi Asmaradhana (Kabarmakassar.com)

Sekretaris Jenderal: Maryadi (Katadata.co.id)
Wakil Sekretaris Jenderal: Yulis Sulistyawan (Tribunnews.com) dan Saptini Darmaningrum (Beritajatim.com)

Bendahara Umum: Gaib Maruto Sigit (MNC Radio Network)
Wakil Bendahara Umum: Ismoko Widjaya (Viva.co.id) dan Elin Y Kristanti (Liputan6.com)

Ketua Departemen Organisasi, dan Keanggotaan: Yatimul Ainun (TimesIndonesia.com)
Anggota: Verrianto Madjowa (Darilaut.id), Zen Teguh Triwibowo (Inews.id), Nurkholis (Beritajateng.tv), Fakhrurrodzi Baidi (RiauOnline.co.id), dan Herwin Bahar (LintasTerkini.com)

Ketua Departemen Advokasi dan Regulasi Media: Agoez Perdana (Kabarmedan.com)
Anggota: Nurudin Lazuardi (Pantau.com), Victor Mambor (Jubi.com), Umi Kalsum (IDNTimes.com), dan Lestari Nurhajati (Konde.co)

Ketua Departemen Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan : Adek Media Roza (Katadata.co.id)
Anggota: Darojatun (Merdeka.com), Prodita Sabarini (Theconversation.com), Sita Dewi (Projectmultatuli.org), dan Devi Asmarani (Magdalene.co)

Ketua Bidang Bisnis dan Kemitraan: Amrie Hakim (Hukumonline.com)
Anggota: Suwarmin (Solopos.com), Ecep Suwardhani Yasa (Tvonenews.com), Dhimas Ginanjar (Jawapos.com), dan Tia Yuniarti (Pikiran-rakyat.com)

Ketua Teknologi dan Informasi: Heru Tjatur Tjahja (Tempo.co)
Anggota: Apni Jaya Putra (TVOne.ai), Arkka Dhiratara (HukumOnline.com), Kartono Sarkim (Pikiran-rakyat.com), dan Ika Krismantari (Theconversation.com)

Koordinator Wilayah
Sumatera: Muhammad Zuhri (Batamnews.co.id)
Kalimantan: Sumarsono (Tribunkaltim.co)
DKI, Jabar dan Banten: Rikando Somba (Validnews.id)
Jateng, Jatim, DIY: Arief Rahman (Lensaindonesia.com)
Bali, NTT, NTB: I Nengah Muliartha (Beritabali.com)
Indonesia Timur: M. Djufri Rachim (Sultrakini.com)
Indonesia Timur (Wakil): Hamdi Jempot (Terasmaluku.com)

Majelis Kehormatan: Ati Nurbaiti (Jurnalis Senior), Bambang Harymurti (Tokoh Pers Nasional), Metta Dharmasaputra (CEO Katadata.co.id), Uni Lubis (Pemimpin Redaksi IDNTimes.com), dan Yosep Adi Prasetyo (Ahli Hukum Pers)

Badan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi: Andy Budiman (CEO Kompas Gramedia-KG Media), Dahlan Dahi (CEO Tribunnews.com), Dwi Eko Lokononto (Pemred Beritajatim.com), Wenseslaus Manggut (CCO Kapanlagi Youniverse), dan Yadi Hendriana (Direktur Pemberitaan MNC Media).