Hadiri Karisma ITPLN 2023, Dirut PLN Sampaikan Orasi Ilmiah

FAZ • Thursday, 14 Sep 2023 - 19:45 WIB

Jakarta - Tahun ini ITPLN menerima 1.714 mahasiswa baru untuk melanjutkan pembelajaran pendidikan jenjang pendidikan S-2 (magister), S-1, dan D-3. Menghadiri Pekan Penerimaan Mahasiswa (Karisma) ITPLN 2023, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyampaikan Orasi Ilmiah yang bertemakan “Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals) tahun 2045.”

“Adik-adik masuk di keluarga besar kelistrikan. Kita temani dalam perjalanan adik-adik menjalani hari ke depan yang lebih cerah lagi. Adik-adik jangan takut, terima tantangan itu dengan lapang dada dan semangat,” kata Darmawan Prasodjo pada Orasi Ilmiah dalam rangka Pekan Penerimaan Mahasiswa (Karisma) ITPLN 2023 yang diselenggarakan secara hybird di Kampus ITPLN, Duri Kosambi, Jakarta, Senin, (11/9/2023) lalu.

Kegiatan Karisma ITPLN 2023 ini juga dihadiri oleh empat Direksi PLN, Direktur Legal dan Manajemen Human Capital Yusuf Didi Setiarto, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto, Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti, Direktur Manajemen Proyek dan EBT, Wiluyo Kusdwiharto, Rektor ITPLN, Prof Dr Ir Iwa Garniwa M K MT, dan para wakil rektor ITPLN, Ketua Umum YPK PLN Supriyadi, para Executive Vice President, Dirut subholding dan anak perusahaan, serta beberapa GM PLN, dan LLDIKTI Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi. Pada tahun ini, Karisma ITPLN mengambil tema “Renaisans Revolusi Nasional Sains”.

Lebih lanjut, Darmawan menyampaikan bahwa PLN saat ini menghadapi transisi energi. Di mana salah satu tugas perusahaan yakni “mendinginkan bumi” mengingat suhu bumi terus mengalami kenaikan.

“Kita menghadapi transisi energi. Kalau dulu tugas PLN hanya menyediakan listrik, kali ini tugasnya mendinginkan bumi,” ujarnya, seperti dalam siaran pers.

Namun, Darmawan optimistis PLN sanggup mengatasi tantangan tersebut. Dia memaparkan berbagai upaya PLN dalam menurunkan suhu bumi. Salah satunya, menghapus sebanyak 13 GW PLTU batu bara yang mampu menurunkan sebanyak 2 miliar ton per tahun gas efek rumah kaca.

Selain itu, dia melanjutkan, sebanyak 51,6 persen penambahan energi terbarukan dilakukan untuk mencapai target net zero emission (NZE) 2060 mendatang.

Sementara itu, Prof Iwa, menyampaikan tahun ini sebanyak 1.714 mahasiswa baru yang diterima di ITPLN merupakan putra-putri terbaik dari berbagai lulusan sekolah menengah akhir se-Indonesia.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PLN yang senantiasa memberikan dukungan kepada ITPLN. “Kami berterima kasih atas dukungan pak Dirut beserta seluruh direksi holding dan anak perusahaan dan seluruh jajaran yang telah menjadikan ITPLN sebagai anak kandung PLN. Kami akan membalas kebaikan itu dengan prestasi dan transformasi ITPLN yang sejalan dengan PLN,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut , pada sesi pembekalan mahasiswa baru, Direktur LHC PLN Yusuf Didi menyebut bahwa ITPLN adalah anak kandung PLN. Kalimat ini memiliki makna yang sangat dalam bagaimana posisi ITPLN dalam kancah PLN.

“Saat ini manajemen PLN sangat mendukung kemajuan ITPLN. Ada 250 orang diantara 1.700-an mahasiswa baru angkatan tahun ini akan langsung diterima bekerja di PLN group saat lulus nanti, baik melalui jalur ikatan kerja karena hasil test masuk terbaik maupun jalur lulusan terbaik nanti,” ujar Yusuf Didi.

Selain itu, kata dia, para mahasiswa ITPLN juga memiliki kesempatan magang di seluruh instalasi milik PLN di seluruh Indonesia. “Kalian bebas magang dan kunjungan studi ke seluruh instalasi PLN. Jika dari perguruan tinggi mau magang di PLN harus mendaftar dan ngantre dulu maka kalian disediakan karpet merah,” ujar Yusuf Didi.

Jadi, kata Didi, sudah sangat benar memilih ITPLN untuk melanjutkan studi. ITPLN merupakan kampus yang memiliki visi menjadi perguruan tinggi internasional yang unggul, mandiri, dan berwawasan lingkungan.

“Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, buat orang tua kalian bangga dengan aneka prestasi yang akan diukir, orang tua kalian sudah mengeluarkan biaya untuk mengirim adik-adik bersekolah di Jakarta ini,” kata Didi.

Pada acara Karisma ini juga dilaksanakan persemaian smart Class dan lobby ITPLN kontribusi dari PLN beserta subholding dan anak perusahaan, revitalisasi masjid Nurul Ilmi sebagai tempat pembinaan karakter mahasiswa dan peresmian laboratorium pusat riset PLTS kerja sama ITPLN dengan Sembcorp, Singapura.