BAZNAS Ajak Keluarga Muzaki Kenali Lebih Dekat Pengelolaan Zakat

ANP • Thursday, 14 Sep 2023 - 14:44 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI terus berupaya meningkatkan pengalaman para muzaki dalam menunaikan zakat, infak dan sedekah (ZIS). Salah satunya, mengajak keluarga mereka, khususnya anak-anak, untuk mengenal lebih dekat tentang pengelolaan dana zakat.

Kali ini, kegiatan edukasi tersebut berlangsung di kantor BAZNAS RI, Jl. Matraman Raya No. 134 Jakarta, Kamis (14/9/2023) dengan tema "Muzaki Experience, Keluarga BAZNAS dan Keluarga Muzaki".

"Muzaki yang telah berzakat melalui BAZNAS perlu mendapatkan perhatian khusus agar ikatan emosional antara muzaki dan BAZNAS tetap terjaga dengan baik,” kata Direktur Layanan BAZNAS RI, Rulli Kurniawan.

Rulli menjelaskan, dalam kegiatan ini mereka dikenalkan antara lain layanan muzaki dan mustahik, program pendidikan serta program BAZNAS Tanggap Bencana (BTB).

Selain pengenalan tentang bayar zakat di Konter layanan BAZNAS, peserta yang terdiri sekitar 30 orang itu, juga diberikan edukasi mengenai pengelolaan dana BAZNAS dalam berbagai program.

Peserta anak-anak juga bisa menikmati berbagai permainan berkesan seperti board games SIAGA, role play menjadi penjaga konter pelayanan muzaki, role play pelayanan mustahik, game zakat ZAKUMA, dan role play pelayanan zakat metaverse.

Terpisah, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan, M.Si. mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengajak muzaki dan keluarganya, termasuk anak-anak, melihat langsung berbagai kegiatan BAZNAS sekaligus memberikan edukasi.

"Melalui kegiatan ini diharapkan muzaki dan keluarganya bisa semakin dekat dan mencintai zakat serta BAZNAS, sehingga akhirnya mereka bisa mengajak serta keluarga atau kolega lainnya untuk berzakat,” kata Rizaludin dalam keterangan tertulis, Kamis (14/9/2023).

Salah satu peserta kegiatan, Ilham Amanah, yang merupakan pegawai ASN di Kementerian Keuangan mengatakan, kegiatan pengenalan zakat ini sangat bermanfaat, terutama untuk anaknya.

"Anak saya membuka celengan untuk mencoba pengalaman bayar zakat melalui layanan muzaki BAZNAS," kata dia.

Meskipun saat ini dirinya kerap membayar zakat melalui platform digital, namun pengalaman bayar zakat secara langsung di kantor BAZNAS ini sangat berkesan bagi anak mereka.

Sebelumnya, BAZNAS telah melakukan berbagai kegiatan serupa untuk memberikan pengalaman kepada muzaki dan keluarganya, seperti Pesantren Kilat Ramadhan di Kapal Perang, Wisata Zakat Kampung Batik Cibuluh, Menulis Al-Quran Amil, Muzaki dan Mustahik BAZNAS, Kelas Tajwid-Tahfidz serta berbagai webinar tentang zakat.