Politisi Senior Golkar Aksa Mahmud Pastikan Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar

FAZ • Thursday, 7 Sep 2023 - 16:10 WIB

Jakarta - Teka teki pendamping Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terungkap. Sosok yang mengisi ruang kosong Cawapres Ganjar Pranomo ialah Ridwan Kamil atau Kang Emil eks Gubernur Jawa Barat (Jabar).

Hal itu dikatakan politisi senior Partai Golkar, Aksa Mahmud saat mendampingi putranya Erwin Aksa sowan ke PWNU DKI Jakarta, Utan Kayu, Jakarta Timur, pada Kamis (7/9).

"Saya kira untuk Ridwan Kamil akan menjadi wakil dari Ganjar, hampir dipastikan," ujar Aksa Mahmud.

Namun demikian, ia tak mau mengungkap lebih jauh atas diliriknya Ridwan Kamil oleh PDI Perjuangan sebagai wakil Ganjar. Untuk hal tersebut menunggu Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

"Tapi kita menunggu bagaimana bu mega. Tapi kalau saya pikir dan dia pasti sama dengan Pak Jusuf Kalla dulu. tetap golkar tetapi dia masuk," urainya.

Seorang pengusaha ternama ini menerangkan, pertimbangan Kang Emil jadi pendamping Ganjar pastinya ada campur tangan dari Ketum Mega. Bila Megawati sudah merestui maka kader lainnya akan manut.

"Ya tergantung daripada Bu Mega. kalo Ibu Mega kan dengan Pak Ganjar kan sudah relatif jawa tengah oke," ujarnya.

Sebab menurutnya, bila capres dan cawapres mempunyai basis di Jawa Tengah dan Jawa Barat dipresentasikan kemenangan Pemilu bisa diraih. Untuk saat ini Ganjar hanya mampu mendulang suara di Jawa Barat, sedangkan Kang Emil bisa menarik suara dari Jabar.

"Nah dia perlu, karena teorinya siapa yang menguasai dua provinsi di pulau jawa (akan menang). Karena pemilih di pulau jawa itu 62 persen. Sehingga yang menguasai dua provinsi itu akan menguasai (pilpres). Jadi kalo ambil Emil, jawa barat kan. jawa tengah oke clean kan," tutupnya.