Gelontorkan Rp 3,8 Triliun, Bos LPS: Target Punya Gedung Baru di IKN Saat Upacara 17 Agustus 2024

FAZ • Wednesday, 6 Sep 2023 - 21:17 WIB

Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyiapkan dana sekitar USD 250 juta untuk berinvestasi di IKN Nusantara. Salah satu bentuknya yakni dengan menyiapkan sebuah gedung baru di IKN Nusantara.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, pihaknya telah mengantongi lahan 1,2 ha untuk membangun kantor baru di IKN. Dia pun target agar kantor baru tersebut sudah bisa dilihat gedung utuhnya saat upacara bendera 17 Agustus 2024 di IKN.

"Target kita adalah Agustus tahun depan LPS sudah punya satu buah gedung yang cukup membanggakan. Sehingga setelah upacara di sana, orang bisa lihat," ujar Purbaya di Fairmont Hotel, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Saat ini, LPS tengah menyeleksi desain gedung LPS di IKN yang didapat dari sayembara. Purbaya berharap desain terpilih bisa didapatkan bulan ini, untuk kemudian melakukan peletakan batu pertama pembangunan di Februari 2024.

"Sekarang kita sedang menyiapkan desainnya. Target kita Februari kita mulai membangun di sana. Jadi kita punya waktu 6 bulan untuk mulai membangun di sana," imbuh dia.

Secara konsep, dari 1,2 ha yang didapat, bangunan kantornya hanya memakan porsi 30 persen saja. Sementara sisa 70 persennya jadi ruang terbuka. 

Lahan

Kendati begitu, Purbaya merasa lahan seluas 1,2 ha itu masih belum cukup. Hal itu turut dikonfirmasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang memintanya untuk menambah luas tanah.

"Saya kebetulan ketemu pak Luhut, dapat berapa kau Pur (tanah di Ibu Kota Nusantara)? 1,2 (ha). Sedikit amat, tambah lagi, sana banyak hutan. Yaudah, bapak yang usahain, saya yang terima. Uang saya banyak," ungkap Purbaya sembari meniru percakapan dengan Menko Luhut.

"Mudah-mudahan dapat lebih. Kalau lebih kan kita bisa desain yang bagus tapi ada tamannya. Sehingga kesannya asri," kata Purbaya.