Terima Kunjungan PPZ-MAIWP Malaysia, Ketua BAZNAS RI Gagas Pembentukan Asosiasi Zakat ASEAN

ANP • Tuesday, 5 Sep 2023 - 09:32 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menerima kunjungan  Pusat Pungutan Zakat-Majlis Agama Islam Wilayah Persekutuan (PPZ-MAIWP) Malaysia di Kantor BAZNAS RI, Jalan Matraman Raya No. 134, Senin (4/8/2023).

Dalam sambutannya, Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., menyampaikan gagasan tentang pembentukan asosiasi lembaga zakat di tingkat ASEAN.

"Nanti akan kita coba undang lembaga-lembaga zakat dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan lainnya pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) nanti," ujar Noor.

Noor menambahkan, asosiasi lembaga zakat antar negara-negara ASEAN ini diperlukan untuk memperkuat kerja sama baik dalam pengelolaan zakat, pertukaran informasi, maupun literasi perzakatan di lingkup ASEAN.

Sementara itu, Ketua PPZ-MAIWP Malaysia Tan Sri Dato' Sri Dr. Abdul Aziz Abdul Rahman sangat mendukung gagasan tersebut dan memastikan lembaga zakat negeri jiran itu akan menindaklanjuti gagasan tersebut.

Hanya saja, terkait pembentukan asosiasi setingkat ASEAN tersebut pihaknya meminta agar lembaga  Jabatan Wakaf, Zakat dan Haji (JAWHAR) Malaysia yang dilibatkan, karena lembaga  tersebut yang memiliki kewenangan untuk mewakili negara.

"Kami mendorong dan sangat mendukung inisiatif ini," kata Abdul Aziz.

Dalam pertemuan tersebut, BAZNAS RI dan PPZ-MAIWP Malaysia saling berbagi informasi terkait update pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah, baik dari segi pengumpulan maupun pendistribusian di kedua negara.

PPZ-MAIWP Malaysia sendiri merupakan lembaga zakat yang bertanggung jawab memungut dan mengelola dana zakat, infak, sedekah dan wakaf di Wilayah Persekutuan Malaysia, terdiri dari Kuala Lumpur, Putrajaya dan Labuan.

Berbeda dengan BAZNAS di Indonesia, PPZ-MAIWP hanya bertugas melakukan pengumpulan tidak termasuk pendistribusian. Sementara pendistribusian dana zakat kepada mustahik 8 asnaf dilakukan oleh Baitulmal di bawah Departemen Agama Islam Wilayah Persekutuan.

Rombongan PPZ-MAIWP Malaysia dipimpin langsung oleh Pengurusi Tan Sri Dato' Sri Dr. Abdul Aziz Abdul Rahman, disertai Ketua Pegawai Eksekutif PPZ-MAIWP, Tuan Haji Abdul Hakim Amir bin Osman, Timbalan Ketua Pegawai Eksekutif Operasi, Encik Mohammad Hasan, Ketua Pegawai Keuangan, Encik Azhar Ismail, Penolong Pengurus Besar Hal Ehwal Korporat Dan Pemasaran Digital PPZ-MAIWP, Tuan Haji Nor Mukshar Harun, dan Manager of Akademi Zakat (AZKA) Muhsin Nor Paizin.

Dari BAZNAS RI hadir di antaranya Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Wakil Ketua BAZNAS RI, Mo Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan, M.Si, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, MA, Pimpinan BAZNAS RI Bidang SDM, Keuangan dan Hukum, Kolonel Caj. (Purn) Drs. Nur Chamdani, beserta jajarannya.