Sudirman Said Klarifikasi Berita Hoax Bantah Dirinya Kritik SBY dan AHY

FAZ • Sunday, 3 Sep 2023 - 07:27 WIB

Jakarta - Juru Bicara Anies Baswedan menegaskan bahwa ia tidak pernah mengkritik Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), seperti yang diberitakan beberapa media. Ia menyebut berita tersebut sebagai hoax.

Dalam klarifikasinya, Sudirman Said mengatakan bahwa beberapa hari ini beredar berita dan postingan di berbagai media sosial yang seolah-olah berisi pernyataannya yang mengkritik SBY serta memberikan penilaian negatif terhadap kapasitas AHY. Namun, Sudirman Said menegaskan bahwa ia tidak pernah diwawancara oleh media mana pun dalam beberapa hari terakhir ini.

Berikut Klarifikasi Sudirman Said

Hari ini beredar berita dan posting di sejumlah kanal media sosial, yang seolah olah merupakan pernyataan saya mengkritik Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menilai kapasitas Mas AHY. 

Judul beritanya provokatif dan diksinya amat fulgar.

Dengan ini saya nyatakan beberapa hari ini saya tidak melakukan wawancara dengan media manapun.

Dengan demikian berita yang memuat pernyataan saya sebagaimana di atas adalah HOAX.

Kepada beberapa media yang memuat pernyataan tersebut,  saya sudah melayangkan protes dan meminta agar berita itu ditiadakan dari tayangan.  Sejumlah media sudah melakukannya dan mengambil tindakan sanksi internal kepada Jurnalis yang menulis berita itu, termasuk media TEMPO.co.     


Jakarta, 2 September 2023. 

Sudirman Said.