Mahasiswa UKI Raih Beasiswa International Credit Transfer, Kuliah Satu Semester di Luar Negeri

FAZ • Friday, 1 Sep 2023 - 12:36 WIB

Jakarta - Empat belas mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) ikuti program beasiswa program International Credit Transfer (ICT) di Irkutsk National Research Technical University (Rusia), Don Mariano Marcos Memorial State University (Filipina), Wenzao Ursuline University (Taiwan), University of Applied Sciences Upper Austria.

Kepala UPT Kantor Urusan Internasional UKI, Asri Purnamasari, S.Pd., M.Ed. in TESOL. memberikan penjelasan mengenai International Credit Transfer yang merupakan program internasionalisasi pendidikan tinggi inisiasi dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

“Program ICT yang merupakan salah satu program kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di kampus luar negeri. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat mengambil mata kuliah di perguruan tinggi mitra luar negeri,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (1/9/2023).

Program ICT memfasilitasi mahasiswa dengan perspektif global, dengan tidak hanya menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggunakan bahasa asing sebagai sarana dalam proses belajar, tetapi juga mahasiswa berkesempatan memperoleh pengalaman dalam berinteraksi dengan mahasiswa dan masyarakat dari negara-negara lain.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi (WRAI) UKI, Dr. Hulman Panjaitan, S.H., M.H., memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang dinyatakan lolos program International Credit Transfer 2023.

“Kami apresiasi keberhasilan mahasiswa yang membawa nama besar UKI ke mancanegara. Harapannya nama UKI berkibar tidak saja di Indonesia, tetapi juga berkibar di mancanegara. Selama di negara lain, mahasiswa diharapkan memberikan manfaat besar kepada UKI serta untuk kemajuan pribadi masing-masing dan orang tua,” ujar Hulman Panjaitan dalam On boarding Ceremony Mahasiswa International Credit Transfer 2023, yang dilaksanakan tanggal 29 Agustus 2023 di Ruang Seminar UKI Jakarta.

Hulman Panjaitan berpesan agar mahasiswa UKI yang sedang belajar di negara manapun agar selalu menerapkan nilai nilai UKI seperti berbagi dan peduli, rendah hati, disiplin, profesional, bertanggung jawab, berintegritas.

Mahasiswa FEB UKI, Vira Angelica Siswono Louis dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKI, ungkapkan kebahagiaan dan rasa syukurnya bisa mendapat kesempatan kuliah di Don Mariano Marcos Memorial State University (DMMMSU) Filipina.

Vira Angelica mengambil 3 mata kuliah di Don Mariano Marcos Memorial State University, Filipina antara lain Ethic and Accountability in Public Service; Globalization and Public Administration; Leadership and Decision Making.

“Tujuan saya mengikuti Program ICT ialah ingin mencoba hal yang baru dan mengumpulkan banyak pengalaman selama masih menjadi mahasiswa,” kata Vira.

“Saya ingin mengetahui tentang budaya, kepemerintahan, sumber daya, serta ilmu ekonominya sesuai dengan prodi Akuntansi. Dari kecil saya sudah bercita-cita untuk menempuh pendidikan di luar negeri, maka kesempatan ini tidak boleh saya sia-siakan mengingat saya sudah memasuki tahun ke-empat di UKI yang sebentar lagi akan sibuk dengan pembuatan skripsi. Jadi inilah kesempatan terakhir saya sebagai mahasiswa di UKI,” cerita Vira

Kepada mahasiswa lainnya, Vira mengingatkan untuk selalu mengembangkan soft skills seperti kemampuan berbahasa terutama bahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan dalam akademik.

Selamat kepada mahasiswa UKI yang mengikuti program International Credit Transfer di Irkutsk National Research Technical University, Russia, yaitu mahasiswa Prodi Hubungan Internasional UKI; Lintang Wahyu Charisa Raharjo, Nangdua Debora Oktariani, Mathilda Fadimatou, Fember Larastina,  dan mahasiswa prodi Arsitektur FT UKI, Elshaday Meylansari Sitompul.

Mahasiswa yang mendapat beasiswa program ICT di Don Mariano Marcos Memorial State University, The Philippines ialah yaitu mahasiswa Prodi Hubungan Internasional UKI;  Micha Angelia Loing dan Josephine Exaudi serta  Dendi (prodi Pendidikan Bahasa Inggris), Vira Angelica Siswono Louis (prodi Akuntansi), Richard Mich Stevan (prodi Sastra Inggris).

Cindy Patricia (prodi Hukum) dan Lea Maria Moningka (prodi Sastra Inggris) mendapat kesempatan beasiswa program ICT di Wenzao Ursuline University, Taiwan.

Naomi Romaito Simanjuntak (prodi Hukum) dan Andrew Michael Effendi (prodi Sastra Inggris) berkesempatan beasiswa program ICT di University of Applied Sciences Upper Austria.