Presiden Jokowi Belum Tahu Pertamina Mau Ganti Pertalite Jadi Pertamax Green 92

FAZ • Thursday, 31 Aug 2023 - 16:40 WIB

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bahwa dirinya belum mengetahui informasi terkait rencana PT Pertamina (Persero) yang akan mengubah BBM jenis Pertalite menjadi Pertamax Green 92. Dalam hal ini, Pertamina bakal meningkatkan kadar oktan BBM Subsidi RON 90 menjadi RON 92 dengan mencampur Pertalite dengan Ethanol 7 persen. 

"Belum tahu, belum dapat infomasinya," ucap Jokowi seusai membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HIPMI ke-XVIII di ICE BSD, Tangerang, Kamis (31/8/2023).

Adapun, kajian Pertamina yang dinamakan Program Langit Biru Tahap 2 tersebut masih dilakukan secara internal dan belum diputuskan.

“Program tersebut merupakan hasil kajian internal Pertamina, belum ada keputusan apapun dari pemerintah. Tentu ini akan kami usulkan dan akan kami bahas lebih lanjut,” ucap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Nicke menambahkan, jika nanti usulan tersebut dapat dibahas dan menjadi program pemerintah, harganya pun tentu akan diatur oleh pemerintah. 

“Tidak mungkin Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) harganya diserahkan ke pasar karena ada mekanisme subsidi dan kompensasi di dalamnya,” tuturnya.