InaRI Expo 2023 Kolaborasikan Riset dan Inovasi dengan Industri

MUS • Thursday, 31 Aug 2023 - 12:12 WIB

Jakarta - Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo), telah menjadi event pameran dan seminar yang secara berkala digelar setiap tahun oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). InaRI Expo tahun lalu telah merebut perhatian publik dengan keberhasilannya mendatangkan pengunjung sekitar 10.000 orang. 

Animo yang positif ini akan menjadi potensi tersendiri untuk mendorong terciptanya kolaborasi riset dan inovasi antara lembaga riset, periset, inovator dengan dunia industri, maupun pemangku kepentingan lainnya. 

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik Indonesia Laksana Tri Handoko mengatakan, Inari Expo 2023 menjadi bagian event pameran yang penting dan BRIN akan terus berkomitmen mendukung event semacam ini. 

“Semangat kolaborasi ini diharapkan akan dapat memacu dan mendorong pertumbuhan Indonesia melalui pemanfaatan inovasi dan teknologi pada berbagai sektor pembangunan,” ucap Laksana, dalam acara Road to InaRI Expo 2023, Gedung. B.J. Habibie (BRIN), Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Laksana menambahkan, ada yang istimewa dalam gelaran InaRI Expo 2023 2023 karena tahun ini, InaRI Expo akan mengintegarsikan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023 ke dalam event. “InaRI Expo 2023 akan mengintegrasikan sejumlah event besar, seperti Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023, Indonesia Research and Innovation Fair (IRIF), dan Halal Tech Expo 2023, dan lainnya,” jelas Laksana.

Dalam kesempatan yang sama, Damar Rusli, Project Manager InaRI Expo 2023, mengatakan, jika tahun lalu InaRI berhasil menyedot 10.000 pengunjung, maka InaRI Expo 2023 ditargetkan akan dikunjungi oleh sekitar 15.000 pengunjung. 

“Kami beranggapan bahwa untuk membangun Indonesia yang lebih maju, dibutuhkan kolaborasi yang apik antarlembaga, dalam hal ini Pemerintahan dan sektor swasta,” imbuh Damar.

Dia melanjutkan, pelaksanaan InaRI Expo 2023 tinggal menghitung hari. “Oleh karenanya, untuk mengetahui kesiapan dan seperti apa nantinya InaRI Expo digelar, kami menghadirkan Talkshow Road to InaRI Expo 2023, pada hari ini, yang bertajuk: “Membangun Kolaborasi untuk Masa Depan Indonesia”, yang akan menghadirkan narasumber dari Kedeputian BRIN, InaRI, APRSAF-29, dan IEMS 2023. Kolaborasi BRIN dan Industri atau sebaliknya kerja sama industri dengan BRIN akan menjadi modal kuat  untuk mewujudkan itu. Dan kami percaya itu,” ucap Damar.

Kolabroasi IEMS 2023

IEMS merupakan ajang pameran khusus kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) menjadi salah satu pelopor dalam akselerasi penggunaan kendaraan bermotor listrik di Indonesia. 

Pertama kali digelar pada 2019, IEMS dihelat di Balai Kartini Jakarta, dilanjutkan dengan IEMS 2021 di BRIN Serpong, dan IEMS 2022 di JCC, telah sukses sukses menghadirkan berbagai inovasi dan teknologi kendaraan listrik atau electric vehicle di Indonesia.

Irwan Rahman, Ketua Pelaksana IEMS 2023, mengatakan, tahun 2023, IEMS kembali hadir dan siap menggoda para pecinta otomotif nasional dengan mengusung tema “Advance Technology Energy Storage for Electric Vehicle”, akan digelar pada tanggal 20-23 September 2023 di ICC Building BRIN, Kawasan Sains Teknologi (KST) Soekarno, Cibinong, Bogor.

“IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan bersama dari BRIN, perusahaan, pemangku kepentingan, serta produsen kendaraan listrikdan komponennya untuk mendorong perkembangan dan inovasi tentang kendaraan listrik di Indonesia. Pelaksanaan IEMS 2023 akan menggelar berbagai kegiatan diantaranya exhibition, seminar, product presentation, test drive dan test ride kendaraan listrik,” jelas Irwan.

Dia melanjutkan, IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama stakeholders sekaligus appresiasi kepada produsen kendaraan listrik, serta perusahaan komponen pendukung atas sinergi dan kolaborasinya bersama BRIN selama ini. 

“Kegiatan ini juga akan menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik dan komponennya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang inovasi dan teknologi kendaraan listrik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara,” imbuh Irwan.

Sebagai informasi, IEMS 2023 akan menempati area yang luas di Hall KST Soekarno, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, yang menjadi bagian dari tempat kegiatan penelitian BRIN dengan beragam fasilitas lengkap dan mewah guna menghadirkan kegiatan pameran dan seminar.

IEMS 2023 memiliki konsep pameran indoor-outdoor dengan Hall Gedung ICC sebagai pusat dari seluruh kegiatan IEMS 2023. Selain ICC, kegiatan lain yang terintegrasi dengan InaRI Expo 2023 akan memanfaatkan seluruh fasilitas BRIN yang berlokasi di KST Soekarno, Cibinong.