FILM Komedi Joy Ride, Soundtrack-nya Diisi Musisi Indonesia

MUS • Thursday, 31 Aug 2023 - 06:16 WIB

Genre: Komedi
Sutradara: Adele Lim
Pemeran: Ashley Park, Stephanie Hsu, Sherry Cola, Sabrina Wu
Durasi: 1 jam 35 menit
PH: Lionsgate
Mulai tayang di Cinema XXI: 30 Agustus 2023

"Joy Ride" dibuka dengan gambaran keluarga Amerika Serikat pada akhir 90an, diiringi "Ants Marching" dari Dave Matthews Band. Kita berkenalan dengan Audrey, anak adopsi dari Cina, yang telah dibesarkan oleh suami istri kulit putih. 

Dia bersahabat dengan Lolo, anak dari orang tua asal Cina yang bermigrasi ke AS. Audrey dan Lolo digambarkan berbeda sifat tetapi selalu saling membantu. Menginjak usia dewasa, Audrey digambarkan sukses sebagai pengacara sedangkan Lolo berprofesi sebagai seniman. 

Pada suatu kesempatan untuk meningkatkan kariernya, Audrey dikirim atasannya untuk pergi ke Cina, mengadakan perjalanan bisnis yang penting. Karena tidak bisa berbahasa Mandarin, Audrey mengajak Lolo. 

Tak disangka, Lolo mengajak teman bernama Deadeye yang terobsesi dengan K-Pop. Sesampai di Cina daratan, mereka bertemu sahabat Audrey semasa kuliah, Kat, yang telah menjadi pelakon ternama. 

Perjalanan mereka terjebak pada kerunyaman ketika Audrey, Lolo, Deadeye, dan Kat menonjolkan ego masing-masing. Namun keempatnya harus segera bersatu sambil menemukan kebenaran dalam persahabatan yang terjalin dalam pengalaman beberapa hari. 

Di sanalah adegan-adegan komedi dewasa, berjajar rapi diselingi narasi tentang tradisi orang Asia, sekaligus menyindir tindak tanduk penduduknya. 

Soundtrack Juicy oleh Ramengvrl

Kebanggaan sebagai orang Indonesia pun terwakili dalam Joy Ride, melalui musisi Ramengvrl, yang menampilkan karya berjudul "Juicy". Diciptakan hanya melalui sinopsis, Ramengvurl mengaku menggunakan imajinasi untuk kreasinya. 

"Aku senang banget, gak main-main, dan pesan Asian Pride selalu ada dalam DNA saya, albumku terakhir juga Asian Pride. Ketika lagunya keluar, para aktrisnya nge-dance sama lagunya, senang banget. (Pemeran utama) Ashley Park juga balas direct message. Aku bilang, great dance, Ashley bilang, we singing the song all the day long," cerita Ramengvrl. 

Rapper bernama Putri Estiani dengan sumringah menceritakan karya "Juicy". "Kenapa judulnya Juicy, aku juga bossy dan juice, ada banyak hal yang gak perlu jelasin dengan kata-kata banget, you just need to listen to the song, see the movie, to know what it means," lanjutnya. 

Dia pun berharap, penonton merasakan "Joy Ride" merasakan serunya persahabatan, tantangan, kesenangan, dan hal gila yang menerjemahkan lagu "Juicy". 

Ditawarkan Lionsgate, Ramengvrl diberi pesan untuk memasukkan makna pertemanan, Asian Pride, dan harus membuat pendengar berjoget. Dia menyebut proses kreatif "Juicy" sebagai gampang-gampang sulit. 

"Ketentuan dari Lionsgate cuma tiga, terus bagaimana nih bikinnya, karena yang bikin orang joget juga bisa macam-macam, kita mau joget koplo atau dance, aku berpikir vibe-nya begini, jogetnya begini, jadi ya udah come up with "Juicy". 

Ramengvrl menerangkan, publik tidak perlu memahami arti lagunya. "Tetapi I feel the vibe, I wanna move with this song," tutupnya. Siap-siap jungkir balik dalam "Joy Ride" sampai akhir menikmati lagu "Juicy".