Ratusan TNI-Polri Dikerahkan, Dukung Pengamanan Muktamar Sufi

LAN • Tuesday, 29 Aug 2023 - 09:54 WIB

PEKALONGAN - Polda Jateng bersama Kodam IV/Diponegoro mengerahkan ratusan personel dalam rangka mendukung pengaman kegiatan Multaqo Sufi Al-Alami atau Muktamar Ulama Sufi se-Dunia atau World Sufi Assembly (WSA) Conference tahun 2023 di kota Pekalongan yang berlangsung mulai 29-31 Agustus 2023.

Kegiatan yang akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo ini dihadiri 68 ulama internasional dari 43 negara. Selain itu, sekitar 3500 ulama dan tamu dari seluruh penjuru Indonesia juga hadir pada acara itu.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Bayu Satake Setianto, mengatakan sejumlah 882 personel gabungan dikerahkan untuk mendukung kelancaran acara tersebut.

"Personel dari Polda Jateng dan Polres jajaran dikerahkan, bersama unsur TNI dan panitia. Kita bersinergi dengan seluruh komponen kota Pekalongan demi kelancaran kegiatan tersebut," kata Kabidhumas, Selasa (29/8).

"Khusus pada pembukaan acara yang akan dihadiri langsung oleh Presiden, hampir 1000 personel pengamanan akan digelar. Termasuk 185 anggota Brimob," lanjutnya

Demi kelancaran kegiatan, lanjut dia, polisi sudah menyiapkan skenario rekayasa untuk mengurai arus lalu lintas bila terjadi kemacetan di sekitar lokasi.

"Dipastikan ribuan orang akan hadir dalam kegiatan itu. Untuk itu kami menghimbau seluruh warga masyarakat untuk tertib dan turut menyukseskan kelancaran acara ini, karena acara ini merupakan momen internasional yang turut membawa nama harum bangsa Indonesia," tandasnya. (APb)