Jaga Alam dan Budaya Berkelanjutan, Bank DBS Indonesia Gandeng BenihBaik.com Tanam 5 Ribu Pohon

FAZ • Thursday, 24 Aug 2023 - 19:44 WIB

Jakarta - Bank DBS Indonesia, dengan semangat keberlanjutan dan komitmen terhadap pelestarian lingkungan dan kearifan budaya lokal, telah menjalin kemitraan dengan BenihBaik.com untuk menghidupkan kembali Kampung Budaya Betawi, Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Program kolaboratif ini bertajuk "Jaga Alam dan Budaya Jakarta untuk Jakarta yang Lebih Berkelanjutan."

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, Lim Chu Chong, dan CEO & Founder BenihBaik.com, Andy F. Noya, serta melibatkan lebih dari 250 karyawan Bank DBS Indonesia dan masyarakat sekitar. Bank DBS Indonesia, sebagai bank yang berfokus pada keberlanjutan, bertujuan menginspirasi masyarakat untuk 'Live to preserve more, Bank less'.

Selain menjadi ikon budaya Betawi, Setu Babakan juga berperan sebagai titik pengendali banjir, sehingga penting untuk menjaganya demi kelangsungan budaya dan lingkungannya. Bank DBS Indonesia, sebagai bank yang memiliki tujuan positif dan peduli terhadap isu-isu keberlanjutan serta environment, social, dan governance (ESG), memberikan dukungan dengan melakukan pembersihan lingkungan Setu Babakan yang menghasilkan pengumpulan 292,8 kg sampah dalam satu jam, penanaman pohon trembesi, dan penyaluran tempat sampah portable untuk mendorong perilaku hidup bersih.

Selain itu, Bank DBS Indonesia memberikan edukasi mengenai daur ulang sampah untuk menghasilkan produk bernilai guna dan literasi keuangan dasar untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Rangkaian edukasi ini dilakukan oleh karyawan Bank DBS Indonesia sebagai bagian dari kegiatan sukarelawan yang disebut "People of Purpose."

Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, Lim Chu Chong, menyatakan bahwa Setu Babakan adalah bukan hanya ruang terbuka publik, melainkan juga sebuah wadah untuk melestarikan sejarah dan budaya Betawi yang perlu dijaga bersama.

"Kolaborasi dengan BenihBaik.com adalah implementasi dari pilar keberlanjutan Bank DBS Indonesia, yang menekankan komitmen mereka pada lingkungan dan masyarakat, sejalan dengan misi untuk menjadi 'Best Bank for a Better World'," ujar Lim Chu Chong di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Kamis (24/8/2023).

BenihBaik.com, sebagai mitra Bank DBS Indonesia dalam program ini, merupakan platform crowdfunding dan CSR Marketplace yang terpercaya, yang bertujuan menyediakan solusi berkelanjutan untuk masalah sosial di Indonesia. Mereka berkomitmen untuk menciptakan dampak positif dan perubahan nyata.

CEO & Founder BenihBaik.com, Andy F. Noya, menyambut baik inisiatif Bank DBS Indonesia ini dan berharap dampak positifnya akan meluas bukan hanya bagi Setu Babakan, Jagakarsa saat ini, tetapi juga menjadi benih perubahan yang akan tumbuh di masa depan untuk Indonesia yang lebih baik.

"Kami sangat bersyukur atas sinergi yang luar biasa antara BenihBaik.com, Bank DBS Indonesia, dan seluruh komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini. Kolaborasi ini membuktikan bahwa bersama-sama, kita memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan yang positif. Besar harapan kami agar dampak positif yang dihasilkan dari inisiatif ini tidak hanya akan memberi manfaat bagi Setu Babakan, Jagakarsa saat ini, tetapi juga akan menjadi benih baru yang akan tumbuh menjadi lebih besar dan lebih berarti di masa yang akan datang. Mari kita jaga bersama keberlanjutan program ini untuk masa depan yang lebih baik," kata Andy F Noya.

Bank DBS Indonesia berkomitmen menanam sekitar 5.000 pohon bakau, trembesi, dan pohon hutan tropis lainnya di berbagai lokasi, termasuk Jakarta, Cilegon, Bogor, dan Bali. Selain itu, karyawan Bank DBS Indonesia telah berkontribusi dengan lebih dari 12.169 jam sebagai sukarelawan melalui program "People of Purpose."

Pemberian literasi keuangan kepada masyarakat di Setu Babakan, Jagakarsa, juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan dan digital di Indonesia. Bank DBS Indonesia baru-baru ini juga telah menjalankan program edukasi literasi finansial di berbagai kota, termasuk Makassar, Medan, Pontianak, dan Balikpapan.

Komitmen Bank DBS terhadap keberlanjutan telah diakui melalui beberapa penghargaan, termasuk gelar "World’s Best Bank for Corporate Responsibility" dalam Awards for Excellence 2023 oleh Euromoney.