Bank OCBC NISP Ajak Investasi Tetap Aman untuk Gaya Hidup Berkelanjutan untuk Kurangi Impulsive Spending

LAN • Tuesday, 22 Aug 2023 - 19:28 WIB

Jakarta - Tahun 2023 menjadi tahun ke 3 bentuk komitmen OCBC NISP melalui OCBC NISP Financial Fitness Index dalam memperhatikan kesehatan finansial generasi muda indonesia. OCBC NISP Financial Fitness Index merupakan hasil riset yang bekerja sama dengan NIQ yang menggambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda indonesia dengan melihat sikap dan perilaku dalam pengaturan finansial.

Hasil Riset ini menunjukkan bahwa skor kesehatan finansial generasi muda di Indonesia terus meningkat selama tiga tahun terakhir, meskipun baru keluar dari situasi pandemi. Skor tahun ini menunjukkan angka 41,16, dimana angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,10 poin dibandingkan tahun lalu.

Meskipun secara umum generasi muda Indonesia terus berusaha memperbaiki kebiasaan finansial nya namun faktanya masih banyak yang membuat keputusan keliru dalam mengatur pengeluaran mereka.

Amir Widjaya, Executive Vice President Marketing & Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP mengatakan, bahwa melalui riset ini, Bank OCBC NISP ingin menyampaikan bahwa sehat finansial itu bisa dicapai oleh semua kalangan, terlepas dari latar belakang dan status sub ekonomi mereka. 

"Semua orang tentu memiliki kebutuhan hiburan atau lifestyle, dan memenuhi kebutuhan tersebut bukanlah hal yang negatif. Namun, generasi muda harus pintar menyiasati agar keinginan tidak mengorbankan kebutuhan dasar lainnya," ucap Amir. 

Meskipun telah terjadi perbaikan dari tahun ke tahun, skor kesehatan finansial Indonesia masih dibawah batas sehat secara Finansial. Berangkat dari fakta ini, Bank OCBC NISP terus berkomitmen untuk menyediakan edukasi mengenai kesehatan finansial untuk semua orang lewat NYALA OCBC NISP. Di RuangMenyala.com, semua orang bisa mengikuti kelas dan konten belajar finansial gratis, dan bisa melakukan tes kesehatan finansial untuk melihat skor mereka.

Tak hanya itu, Bank OCBC NISP juga menyediakan Financial Fitness Gym dimana masyarakat bisa melatih kesehatan finansial nya bersama Financial Coach yang tepercaya. Di aplikasi One Mobile juga sudah tersedia fitur Life Goals untuk mendukung masyarakat meraih tujuan finansial nya, baik jangka pendek maupun panjang.

Amir menegaskan, bahwa dengan perpaduan antara riset yang akan konsisten diadakan setiap tahun, solusi serta produk finansial yang komprehensif dari Bank OCBC NISP, Ia berharap dapat mendukung masyarakat untuk memiliki kebiasaan finansial yang lebih baik, agar skor kesehatan finansial Indonesia semakin bagus ke depannya. (Rafi&Sadam)