Kolaborasi OK OCE dan Ethix.id, Bussiness Hack: Usaha Tanpa Modal

MUS • Tuesday, 22 Aug 2023 - 09:26 WIB

Jakarta - OK OCE Indonesia berkolaborasi dengan Ehtix.id belum lama ini menggelar 'Bussiness Hack: Usaha Tanpa Modal, Untung Maksimal', di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan. 

Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya lebih luas melalui bisnis dropshipper bernama 'LakuJual'

Bussiness Hack turut dihadiri peserta yang merupakan anggota Komunitas OK OCE dan masyarakat umum. Adapun pemateri dalam pelatihan bisnis ini adalah Gunawan Wicaksono, Head of Sales Ethix.id. Sementara OK OCE diwakili oleh Eksekutif Staff sekaligus jajaran tim support.

Gunawan dalam pembukaan materinya menegaskan dalam berbisnis yang perlu disiapkan oleh pelaku usaha ialah modal dan risiko.

"Untuk memulai bisnis, para pelaku usaha harus bisa meyiapkan modal dan memperkirakan risiko yang dihadapi kedepannya," ucap Gunawan.

Menurutnya, modal sebagai awalan usaha tidak hanya berupa uang, tapi juga berbentuk barang dan niat.

Terkait risiko, Gunawan mengatakan bahwa risiko perlu diperkirakan untuk memberi kesiapan pelaku usaha menghadapinya dan meminimalisirkan risiko negatif tersebut terjadi.

Gunawan juga menggambarkan beberapa bentuk 'Bisnis Tanpa Modal'.

"Dalam dunia bisnis terdapat beberapa bentuk bisnis tanpa modal, diantaranya adalah content creator, influencer, penerjemah bahasa, afilliate creator dan reseller atau dropshipper," jelas Gunawan.

Ia juga memberikan beberapa rumus yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis tanpa modal dengan sebutan 3M yaitu Mulai dari Hal Kecil, Mulai dari Diri Sendiri, dan Mulai dari Sekarang.

Ketiga rumus tersebut saling berkaitan karena sering kali diacuhkan para pelaku usaha.

"Untuk saya, pasang surut pendapatan dalam bisnis dan usaha itu merupakan hal yang wajar. Arahan saya sih ibu-bapak bisa melihat kebelakang bagaimana sulitnya memulai usaha, hal tersebut bisa dijadikan motivasi untuk berkembang dan mengembalikan niat berjualan mendapatkan cuan," tutup Gunawan.