Pangdam V Brawijaya Diapresiasi Dansat Menwa Universitas Trunojoyo Sebagai Panutan

FAZ • Saturday, 19 Aug 2023 - 21:48 WIB

Jakarta - Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid dianggap menjadi sosok pemimpin yang rendah hati dan menjadi panutan bagi bawahanya. Hal ini disampaikan oleh Rivaldi, Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Trunojoyo Madura.

"Pertama kali saya mengenal Mayjen Farid saat beliau bertugas sebagai WaIrjen TNI, kesan saya beliau sangat bijaksana namun masifmelihat kebawah, menjadi panutan sempurna sosok seorang pemimpin, dari sudut pandang  saya sebagai mahasiswa," ungkapnya.

Oleh karena itu Rivaldi mengungkapkan kedekatan Pangdam dengan semua kalangan termasuk Menwa.

Rivaldi mengungkapkan banyaknya dukungan dan bantuan Pangdam untuk Menwa. Makanya Rivaldi tidak percaya dengan pernyataan seorang anggota  Konas yg mengatakan Pangdam memecah belah Menwa.

“Dia orang yg tidak kenal pribadi Pangdam. Konas itu tidak pernah berbuat apa-apa untuk Menwa di Jatim karena memang Menwa di Jatim tidak mengakui keberadaan Konas," ujarnya.

“Sebaiknya Konas minta maaf atas pernyataan yg teledor itu kepada Pangdam V/Brawijaya”, Tegasnya.

Ia menyampaikan bahwa sejauh sepengalamannya  di Menwa, Rivaldi  
belum pernah menemui sosok seperti Mayjend Farid.

"Menurut anak buah beliaupun, Pangdam yang sekarang sangat terbuka kepada masyarakat dan dekat serta merakyat, sering sekali menerima tamu siapapun yang ingin bersilaturahmi positif tanpa sekat." Pujinya.

Rivaldi juga mengungkapkan bahwa sisi humanis Pangdam V Brawijaya terlihat ketika Menwa Madura bersilaturahmi ke Kodam dan diterima dengan baik beliau mengumpulkan pejabat2nya, panglima yang sekarang sangat terbuka tanpa pandang bulu.

"Mayjen Farid terlihat sangat ingin menunjukan beliau bisa bermanfaat bagi banyak orang, anggota2 Pangdam sering terlibat dalam kegiatan2 sosial, penanganan bencana tanpa kenal lelah dan pamrih." Sebutnya

Menurutnya program yang paling menonjol dari Pangdam V adalah perhatian yang sangat khusus beliau kepada Babinsa.

"Beliau ini sangat sayang sekali kepada Babinsa, ketika saya KKN Beberapa Bulan di Desa Kebun Agung Sumenep,  Babinsa di kita menang Babinsa Award karena kampung kedung agung menang kebersihan menjadi Babinsa Inspiratif. Babinsa di Desa di Jatim jadi lebih semangat karena ada program Mayjen Farid." Kisah Rivaldi.

Terakhir, Komandan Menwa ini kembali menekankan bahwa program Babinsa Inspiratif ini menurutnya belum pernah diadakan di wilayah lain dan menjadi percontohan di Seluruh Indonesia.

"Jawa Timur bisa menjadi percontohan bagi wilayah lain, semoga Panglima Farid bisa membawa perubahan Jawa Timur ke Arah yang lebih baik." Doanya.