Blue Beetle, Superhero Baru dari DC dengan Suasana Keluarga Amerika Latin

MUS • Friday, 18 Aug 2023 - 13:24 WIB

Genre: Superhero, action
Sutradara: Ángel Manuel Soto
Pemeran: George Lopez, Xolo Maridueña, Susan Sarandon
Durasi: 2 jam 7 menit
Distributor: Warner Bros. Pictures
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 16 Agustus 2023

Blue Beetle menjadi perkenalan menyenangkan. Dari Warner Bros. Pictures, kita diajak mengikuti pengalaman awal super hero DC yang berwujud kumbang biru jagoan. 

Ceritanya berpusat pada anak muda bernama Jamie Reyes, lulusan hukum di Gotham, terdengar familiar kan? Sepanjang aksinya, kita akan menemui beberapa elemen tersembunyi maupun kejutan terkait semesta DC. Namun porsinya pas. Jaime alias Blue Beetle tidak berkontak langsung dengan para super hero, dalam linimasa universe yang kerap njelimet. 

Penonton benar-benar disuguhkan pada usaha Jaime menolak, kemudian menerima, dan mempelajari kemampuan supernya. Sesederhana itu. Sungguh mengingatkan ketika pertama mengikuti lahirnya super hero. Tak disengaja, tak diinginkan, bahkan mati-matian ingin dilepaskan, Jaime tak nyaman menjadi Blue Beetle. 

Berlatar masyarakat latin, Jaime baru saja pulang kampung di Palmera, kota fiksi ceria ala Miami atau El Paso di komiknya. Bersama keluarga tercinta, orang tua, nenek, paman, dan adiknya; Jaime merasa bahagia berkumpul dengan mereka. 

Tetapi Jaime menemukan fakta menyakitkan. Keluarganya sedang mengalami kesulitan ekonomi. Keluarga Reyes segera diusir oleh tuan tanah Perusahaan Kord yang terkesan jahat. Selain itu, ayah Reyes pernah mengalami serangan jantung, serta kehilangan bengkel sebagai mata pencaharian. 

Jaime ingin menjadi pahlawan bagi keluarganya. Dia berusaha mencari pekerjaan apa pun, dalam impian untuk menjadi orang sukses, meski sebenarnya telah meraih gelar pendidikan prahukum. 

Menjalani getirnya mencari pekerjaan, Jaime terjebak pada situasi sulit. Dia tak sengaja berbicara dengan Jenny Kord, putri mendiang pendiri Perusahaan Kord, yang kini bergerak pada industri senjata dan militer. 

Jaime dititipkan kotak burger oleh Jenny yang ternyata berisi peninggalan kuno bioteknologi berbasis alien, Scarab. Dia pun terpilih dihinggapi, dimasuki Scarab, menjadi inangnya. Tak seperti super hero yang biasanya menemukan kekuatannya dalam kesendirian, seperti Batman maupun Spiderman, Jaime menjadi Blue Beetle di depan anggota keluarganya, dalam komunitas miskin di Palmera.

Blue Beetle memiliki kekuatan super termasuk terbang, mengidentifikasi ancaman, dan senjata-senjata canggih yang hanya dibatasi imajinasi. Seluruh kemampuan yang diinginkan Jaime dapat dikeluarkannya. 

Di sisi lain, Jaime tak bisa 'nyambung' dengan kecenderungan Blue Battle yang menghancurkan. Pemeran Jaime, Xolo Maridueña menjelaskan, Blue Beetle berkisah tentang seseorang yang telah diberikan kesempatan. 

"Meskipun Jaime menolak pada awalnya, terkadang ada saat Anda diberikan kesempatan, merasa seperti Anda belum siap, dan bagaimana Anda menerima itu," jelas Xolo yang terkenal lewat "Cobra Kai" dari Netflix. 

Saat Jaime berupaya menolak menjadi Blue Beetle, elemen Scarab yang telah menghinggapi tubuhnya, diincar penguasa sekaligus pengusaha yang berniat jahat. Sosok Victoria Kord yang diperankan aktris senior Susan Sarandon, akan melakukan segala hal merebut kembali Scarab.

Victoria mengincar keluarga Jaime, untuk mengusik emosinya yang sangat cinta orang-orang terdekat. "Pada akhirnya, kekuatan super terletak pada cinta dan keluarga, seluruh perjalanan Jaime untuk tidak mau menerima tanggung jawab sebagai Blue Beetle, merupakan hal yang sangat menarik," kata Susan.

Pesan keluarga khususnya kultur Meksiko benar-benar terasa dalamnya. Sebagian besar leluconnya pun bisa dinikmati, termasuk tentang cerita cinta si kaya dan miskin dalam telenovela yang dibintangi Thalia tahun 90-an. 

Sutradara Ángel Manuel Soto menyebut, “Saya sangat berharap penonton menerima Blue Beetle dengan hati terbuka dan dengan cinta dan kasih sayang yang sama seperti saat saya menerima Blue Beetle sendiri.” 

"Blue Beetle" bisa menghibur penonton awam dan penggemar superhero. Dengan nuansa nostalgia superhero yang setia pada pakem-pakemnya, "Blue Beetle" perlu ditonton sampai adegan terakhir untuk menambah keseruan. (*)