Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5 Persen 7 Kuartal Beruntun, CORE: Tak Semua Negara Bisa

MUS • Wednesday, 9 Aug 2023 - 13:50 WIB

Jakarta - Ekonom Senior CORE Indonesia, Yusuf Rendy Manilet, menyampaikan pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19 terjadi secara berkesinambungan.

Hal itu, terlihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada di kisaran 5 persen selama 7 kuartal beruntun, di saat banyak negara justru mengalami perlambatan bahkan resesi.

"Tak semua negara bisa menjaga pertumbuhan ekonomi stabil seperti Indonesia. Apalagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang di kisaran 5 persen itu terjadi secara 7 kuartal berturut-turut. Saya kira ini mengindikasikan bahwa proses pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19 itu terjadi secara berkesinambungan," ujar Yusuf kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Kalau dilihat dari sisi timeline pemulihan ekonomi, dia menilai sebenarnya angka 5 persen selama 7 kuartal berturut-turut ini juga mendorong proses pemulihan ekonomi yang relatif cepat, terutama setelah pandemi terjadi. 

"Namun demikian, kalau kita lihat dari beberapa indikator lain terutama di sosial ekonomi menurut saya masih ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan pemerintah dari proses pemulihan ekonomi yang tengah terjadi," ungkap Yusuf.

Misalnya kalau berbicara angka tingkat pengangguran yang relatif menurun, namun masih berada pada level yang lebih tinggi dibandingkan kondisi sebelum pandemi terjadi. 

"Selain itu, kalau kita berbicara indikator kemiskinan, ada beberapa indikator yang juga menunjukkan kondisi kemiskinan di dalam negeri itu juga belum kembali ke level sebelum terjadinya pandemi," kata Yusuf.

Sehingga, kedua indikator ini, kemiskinan dan pengangguran, yang beberapa di antaranya masih berada pada level relatif tinggi karena belum kembali seperti sebelum terjadinya pandemi merupakan hal yang perlu diperhatikan pemerintah dalam konteks mempertahankan dan mendorong pemulihan ekonomi yang lebih baik di kuartal-kuartal berikutnya. 

"Salah satu upaya yang kemudian bisa dilakukan pemerintah untuk mitigasi kedua kondisi di atas adalah selain melalui bantuan yang dicanangkan pemerintah juga bisa dilakukan dengan cara mendorong percepatan agenda pencipta lapangan kerja," tutur Yusuf.

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan konsolidasi dan mendorong pos-pos terutama di sektor industri manufaktur agar bisa tumbuh lebih cepat dan tinggi, sehingga bisa menjadi salah satu sektor yang bisa menyerap angkatan kerja dalam jumlah yang besar. 

"Mendorong industri manufaktur, atau juga sering disebut dengan reindustrialisasi, juga merupakan hal yang tidak terpisah dari upaya pemerintah untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi terutama di tahun depan dan tahun-tahun setelahnya, apalagi pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi ini diperlukan terutama untuk memastikan Indonesia bisa memenuhi visinya menjadi negara maju di tahun 2045 nanti," ujar Yusuf.

Berbicara soal isu jangka pendek, hal yang kemudian bisa dilakukan pemerintah setidaknya dalam beberapa bulan kedepan sampai dengan akhir 2023, adalah memastikan daya beli masyarakat melalui menjaga inflasi tetap rendah atau berada pada target yang diinginkan oleh pemerintah. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memastikan bahwa El Nino itu memberikan dampak yang relatif kecil ke masyarakat secara luas, sehingga langkah mitigasi di awal dan langkah demitigasi setelahnya ketika El Nino telah terjadi itu yang menjadi penting.

"Memastikan kebutuhan pangan kemudian daya beli masyarakat kelompok menengah ke bawah itu terjaga merupakan hal-hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk memastikan bahwa El Nino tidak mengerek inflasi ke level yang lebih tinggi sehingga berpotensi menekan daya beli masyarakat terutama kelompok menengah ke bawah," tukas Yusuf.